Daun Salam Untuk Obat Asam Urat

Posted: 25 Maret 2008 in Kesehatan, Obat Tradisional

sumber : http://www.purwakarta.org/index.php/2006/02/01/daun-salam-untuk-obat-asam-urat/

salam

Daun salam biasa dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia sebagai pelengkap bumbu dapur. Pohon salam (Syzygium polyanthum) yang biasa tumbuh liar di hutan dan di pegunungan bisa mencapai ketinggian 25 meter dan lebar pohon 1,3 meter.Tumbuhan ini dapat ditemukan dari dataran rendah sampai pegunungan dengan ketinggian 1.800 meter di atas permukaan laut. Selain daun yang dipakai sebagai bumbu, kulit pohonnya biasa dipakai sebagai bahan pewarna jala atau anyaman bambu. Perbanyakan tumbuhan ini bisa dilakukan dengan biji, cangkok, atau stek.

Menurut Prof Hembing Wijayakusuma dalam bukunya Tumbuhan Berkhasiat Obat: Rempah, Rimpang, dan Umbi, pohon salam memiliki berbagai khasiat obat yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Pohon salam bisa dimanfaatkan untuk mengatasi asam urat, stroke, kolesterol tinggi, melancarkan peredaran darah, radang lambung, diare, gatal-gatal, kencing manis, dan lain-lain. Kandungan kimia yang dikandung tumbuhan ini adalah minyak atsiri, tannin, dan flavonoida. Bagian pohon yang bisa dimanfaatkan sebagai obat adalah daun, kulit batang, akar, dan buah.

Mengatasi asam urat yang tinggi, 10 lembar daun salam direbus dengan 700 cc air hingga tersisa 200 cc, kemudian airnya diminum selagi hangat. Mengatasi stroke, 10 lembar daun salam dan 50 gram jantung pisang dibuat masakan sesuai selera lalu dimakan.

Bagi penderita kolesterol tinggi, 7 lembar daun salam dan 30 gram daun ceremai direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Kemudian arinya diminum secara teratur. Untuk melancarkan peredaran darah, 7 lembar daun salam dan 30 gram daun dewa segar direbus dengan 700 cc air hingga tersisa 350 cc. Lalu ramuan disaring dan diminum sebanyak dua kali sehari.

Mengatasi radang lambung, 30 gram daun salam, 30 gram sambiloto kering, dan gula batu secukupnya direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Kemudian airnya diminum untuk dua kali sehari. Lakukan secara teratur.
Untuk obat diare, 7 lembar daun salam direbus dengan 200 cc air selama 15 menit, tambahkan garam secukupnya. Setelah dingin disaring lalu airnya diminum. Ramuan lainnya, 7 lembar daun salam, 10 lembar daun jambu biji, 10 gram jahe, dan 1 buah kulit delima putih, dicuci bersih lalu ditumbuk halus. Tambahkan 200 cc air matang, disaring, lalu diminum.

Mengatasi gatal-gatal, daun atau kulit batang atau akar dicuci bersih lalu digiling hingga halus. Tambahkan minyak kelapa secukupnya, kemudian balurkan pada bagian yang sakit.

Sebagai obat kencing manis, 7 lembar daun salam dan 30 gram sambiloto direbus dengan 600 cc air sampai tersisa 200 cc. Setelah dingin disaring lalu diminum untuk dua kali sehari.

About these ads
Komentar
  1. Aristiono Nugroho mengatakan:

    Terimakasih informasinya
    Itulah Maha Baiknya Allah SWT
    Semua disediakan buat manusia
    Manusia diberi kesempatan memilih
    Ingin prestasi optimal atau minimal
    Ada peluang jadi
    Assabiquunal Awwalluun
    dan Rahmatan lil’alamiin

    Untuk share silahkan klik http://sosiologidakwah.blogspot.com

  2. Wong nDeso mengatakan:

    al hamdulillah, alam itu islami karena islam itu alami…:)

  3. budi mengatakan:

    Informasi herbal bisa diakses di http://sehatherbal.blogspot.com.

    Semoga info yg ada bermanfaat.

    Wass,
    Prakoso, budi

  4. opy mengatakan:

    ayah saya penderita asam urat yg parah sdh saya bawa ke dokter dan diberi obat pyroksikam atau alupurinol, memang asam uratnya berkurang tetapi maagnya tdk kuat. sdh dicoba dgn minum pyroksikam bersama obat maag spt enzilpleg/mylanta/ promag. tetapi lambungnya tetap terasa perih yag disertai sesak napas hingga berhari2, obat tradisional spt daun salam pun sdh dicoba tetapi tidak berhasil,yang saya mau tanyakan disini bagaimana pengobatan yg tepat untuk asam urat ayah saya tanpa disertai kambuhnya penyakit lambung ayah saya….mohon saran.terimakasih

  5. Tulus mengatakan:

    ayah saya penderita asam urat yg parah sdh saya bawa ke dokter dan diberi obat pyroksikam atau alupurinol, memang asam uratnya berkurang tetapi maagnya tdk kuat. sdh dicoba dgn minum pyroksikam bersama obat maag spt enzilpleg/mylanta/ promag. tetapi lambungnya tetap terasa perih yag disertai sesak napas hingga berhari2, obat tradisional spt daun salam pun sdh dicoba tetapi tidak berhasil,yang saya mau tanyakan disini bagaimana pengobatan yg tepat untuk asam urat ayah saya tanpa disertai kambuhnya penyakit lambung ayah saya….mohon saran.terimakasih

    • PENGOBATAN RAJA BALI mengatakan:

      Kami sarankan untuk minum obat alami,kalau minum yang bukan herbal kami hawatir lambungnya akan lebih parah,dan akan sering sakit dikepala bagian belakang dan perut terasa panas apalagi menjelang pagi. Kami sudah sering menangani pasien seperti Bapak Anda. Kami sangat yakin bisa membantu masalah yang anda alami.
      Caranya anda harus utarakan keluhan dengan tidak ada yang disembunyikan. trims Dari Tabib:I Nyoman Santiarsa S.Pd. Akp.
      HP.08123964141.

    • diamansyah mengatakan:

      kebetulan saya pernah memberikan saran kpd seseorg utk mengonsunsi obat-obatan yg benar2 alami dgn gejala penyakit sprt yg org tua anda alami.alhamdulillah sembuh tanpa kambuh.085272387238

  6. Mimi mengatakan:

    Dear all

    untuk kasusnya opy bisa minum obat chinese yang murah meriah
    30 rb , 1 botol isi 50 butir.

  7. Bonita Septiani mengatakan:

    alhamdulillah saya dapat info kesehatan ini. Yang memang saya sedang mencari obat asam urat, calon mertua ku.

  8. cak priyo mengatakan:

    saya usia 30 tahun.. udah kena asam urat dengan skor 9,7 sakit banget telapak kakiku…
    diraba aja sakit apalagi buat jalan.
    dokter kasih resep Zyloric tapi gak mempan…
    ada rresep yg manjur??

    • Eko Samarinda mengatakan:

      Karena saya juga penderita asma urat tinggi.. mungkin bisa dicoba obat Celebrex, Pamol dan Puricemia insya allah 3 hari sembuh.

      • nelly mengatakan:

        belinya dimana yaa…ada efek sampingnya gak? nelly

      • reina mengatakan:

        as…
        maaf, numpang tanya, apa ciri2 penyakit asam urat itu, karna suami saya merasakan nyeri disetiap persendiannya apa itu termasuk asam urat….?
        di tunggu informasi nya. mks

    • bekti siswati mengatakan:

      buat dik priyo, ak punya pengalaman 1.5 th yg lalu telapak kakiku sama lutut klo habis bangun tdr terasa sakit sekali untuk berjalan kemudian ad saran dri teman supaya banyak minum air putih,tpi saya imbangi dengan lari pagi selama 30menit.alhamdulillah sampai sekarang sembuh.

  9. I Made Sudiana mengatakan:

    Terima kasih atas informasai yang telah diberikan, mudah-mudahan cocok untuk saya. dimana selama ini saya bingung mencari obat asam urat yang cocok untuk saya.

  10. arto mengatakan:

    APAKAH ADA OBAT YANG LAIN UNTUK MENGOBATI LUTUT TERASA CAPAI SEKALI KALAU DILAIPAT UNTUK PENGAJIAN

  11. Solo Life mengatakan:

    Saya juga 9 koma, kadang saya pakai Allupurinol, ga terlalu rutin, lumayan. Resep ini perlu dicoba.

  12. brienda widi sari mengatakan:

    thank for your information.mudah”an ayahku lekas sembuh,tapi selain obat untuk penderita asam urat da lagi ga tips agar tidak lagi alergi terhadap daun seledri,bawang goreng,daun bawang,??makasih lagi deh dah d beri tips seperti ini.

  13. vera btm III mengatakan:

    saya 28th sdh terkena asam urat,trims atas infonya smoga kali ini benar2 manjur,dan saya bisa menikmati lagi smua makanan yg saya suka

  14. wahyudi mengatakan:

    kalau yang terasa nyeri pada kaki bagian betis, apa itu juga asam urat, soalnya kadang kalau sehari sebelumnya aku banyak acara jalan kaki, besoknya terasa sakit nyeri sekali, ada yang bisa bantu? terimakasih

  15. Hasan Hamid mengatakan:

    Apa ada efek samping kalau pake daun salam? Ibu saya jg menderita asam urat,dan sdh trgantg obat jika tdk minum obat katax sakit! Mhn info dan doanya… Semoga cpt sembuh utk penderita., amin

  16. iun mengatakan:

    wehh….
    asam urat sy 7.7, itu aja dah sakit bukan maen td malem, mpe g bs tidur
    apalagi yg 9 koma yak?
    mari kita budayakan hidup sehat , makan sehat, pikiran sehat dan olah raga tentunya.
    bismillah ya allah…. sembuh.

  17. Dwi mengatakan:

    Mudah2an ini bermanfaat buat buat saya.
    Trim’s infonya Mas. GBU.

  18. Shally mengatakan:

    Sekedar info semoga berguna..sudah ditemukan Molekul Ajaib – Karunia Tuhan yang dibuktikan lewat sains yaitu Transfer Factor, satu-satunya pendidik dan pendukung sistem imun PALING UNGGUL dalam sejarah ilmu pengobatan. Aman dan tanpa efek samping..silakan melihat infonya lebih lengkap di http://www.thetransferfactorindonesia.com

    kami mengundang anda untuk hadir di presentasi Transfer Factor di Hotel Maharani Mampang tanggal 5 September 2009 pukul 10.00 WIB
    Hubungi Shally (08567230205)

  19. aty mengatakan:

    apa benar bisa sembuh, karena selama ini saya sering konsumsi daun salam belum ada nampak hasiatnya terima kasih.

  20. Prabu mengatakan:

    wis wayae,..back to nature
    Gusti Allah sudah memberi alam dan isinya untuk kemaslahatan manusia.

  21. hery mengatakan:

    saya belum coba dan akan saya coba tapi kelambungnya gimana apa ada efek2nya sebenarnya saya alergi obat2an bukan alergi gatal2 atau merah merah tapi suka pingsan kalau minum obat kalau engga berdebar kaya mau pingsan jadi tolong solusinya asam urat biar sembuh lambungpun aman terima kasih

  22. kevin ananda mengatakan:

    thank’s infox

  23. Juliadi mengatakan:

    Salam…

    Saya mau tanya…
    Ibu saya menderita asam urat yang cukup parah…apabila meminum daun salam apakah ada efek sampingnya..??
    berapa kali sehari kah harus meminumya..?? dan apakah sebelum / sesudah makan..??
    trima kasih atas jawabannya…

  24. gonkbee mengatakan:

    makasih atas sarannya….
    berguna bgt…

  25. armanson saragih sumbayak mengatakan:

    Apakah asam urat tidak dapat disembuhkan secara permanent.saya penderita asam urat sejak usia 22 tahun sampai sekarang obat yang yang saya konsumsi mulai dari jamu sampai obat kimia seperti alupurinol,piroxicam obat herbal tetapi tetap saja sering kambuh buh…. tolong lah rekan rekan sependeritaan informasikan obat herbal yang lain .trims……

  26. syamsuryani mengatakan:

    Terima kasih atas informasinya…aku baru tahu kalau daun salam dapat dijadikan obat…setahuku adalah bumbu dapur…dan aku dah coba ini lagi menunggu perkembangan berikutnya asam urat dah berkurang…

  27. Sri Hartini mengatakan:

    As.Wr.Wb

    Asam urat saya 6,3 dan sudsh 2 minggu ini telapak tangan sering kesemutan apakah kesemutan ini yang menyebabkan peredaran darah tidak lancar ? Tolonglah teman apa yang harus saya lakukan agar kesemutan ini menjadi sembuh ? terimakasih………..

    Wassalam

  28. tredy mengatakan:

    kalo saya sih pake obat generik allopurinol dan piroxycam dan obat maag serta minum air putih sebanyak mungkin jadi saat buang air seni biasanya sakitnya berkurang….cuma ini yg paling manjurdan cepat asal tau dosisnya yg lain agak lama.obat bebasnya zyrolic ama feldene cuma mahal. kalo maintenance boleh lah pake prod2 kesehatan dan hindari udang, brg dara, melinjo, jerohan …minum banyak air soda jg baik.mudah2an bermanfaat

  29. Totok mengatakan:

    Thx infonya, gw lg cari2 obat tradisional untuk asam urat, mudah2an bermanfaat.

  30. Dwi Ratnawati mengatakan:

    Untuk penderita hipertensi sebaiknya jgn mengkonsumsi daun salam karena daun salam cenderung memicu naikny tensi darah Lebih baik minum sari labu siem/ japan/ gondes…

    • Andi Rahmat Iskandar mengatakan:

      Saya juga pernah ada tekanan klu lagi naik saya gunakan bawang putih diiris2 kemudian dimakan pengganti sambel pada saat makan. Alhamdulillah sembuh

  31. arya mengatakan:

    obt2 yang q cba buat ma2h kok ga ad yg ampuh…ap ad obt tradisonal yg lain…ksian jga ma beliua kya x susah bngt buat jalan sakit kaki x.

  32. Hary Mulya mengatakan:

    Terima Kasih atas ilmunya setiap satu pembaca anda sudah berpahala inilah yang dinamakan 3 Hal yang ditinggalakn orang Mati :

    1. Ilmu 2 Amal 3 Nasehat yang meringankan dosa dan akhirnya Surgalah tempat anda.

  33. Yanto mengatakan:

    Alhamdulilah…..

    Saya penderita asam urat, sekarang sudah mencapai angka 9 lebih,
    terima kasih atas informasinya insya allah saya akan mencoba….

    mohon doa semuanya agar saya lekas sembuh…. amin

  34. ADI mengatakan:

    YANG ALAMI ALAMI SHRRRRRR ITU SEHAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAT

  35. fatah mengatakan:

    subhanallah walhamdulillah wa lailahaillahu allahuakbar….terima kasih ya allah atas sgala karunia mu….smoga kita smua bisa menjaga serta melestarikan nikmat dari allah yg maha kuasa ini.
    amiin….

  36. nadiah mengatakan:

    ibu saya mengidap asam urat yang masih tergolong rendah. kira-kira obat yang cocok untuk ibu saya apa ? bolehkah ibu saya mengkonsumsi alupurinol ?

  37. a'yuni mengatakan:

    maha besar Alloh yang menciptakan bermacam-macam tumbuhan banyak sekali manfaatnya,bukan hanya buat sayuran tetapi juga obat.

    salah satu obat herbal untuk bermacam-macam penyakit adalah sarang semut. bagi yang berminat silahkan PM ke saya. email: q_ayn86@yahoo.com

  38. Marni mengatakan:

    Ass, wbb ibu saya menderita asam urat diatas 7, sudh berobat ke dokter tapi gak kunjung sembuh, udah mencoba obat tradisional dg meminum air rebusan daun salam, makan nangka sirsak, tapi kadang mash kambuh juga, mohon bantuan dan infonya, obt herbal apalg yg bisa menyembuhkan sakit asam urat, trima kasih

  39. thomas mengatakan:

    thank you for ressep

  40. Yeni mengatakan:

    obat ap selain daun salam untk penyembuhan asam urat…????
    tolong bls yh

  41. Yeni mengatakan:

    obat ap selain daun salam untk penyembuhan asam urat..??

  42. sunbagio mengatakan:

    bgmana cara menanam tanaman daun salam apa cuma distek ?

  43. Rava Thania mengatakan:

    Saya penderita asam urat dan lagi nyari obat secara traditional, ibu saya juga penderita asam urat dan ibu saya juga sudah minum rebusan daun salam itu, mudah2 an berkurang, hanya saya saja yang tidak mencoba karena baunya yang saya tidak tahan…. adakah jalan pengobatan yang lain tanpa ada efek samping. asam urat nya kena di tangan kanan dan kiri, mudah2 an belum di tingkat yang tinggi..tapi cukup sakit dan tidak bisa tidur nyenyak.Mohon info nya

  44. bendol mengatakan:

    jangan jenakak kita yoooooo….. munjenakak ku sumpahi kita jadi kodok….. tapi tegakx ampuh jua obat kita yooooo….. nenek saya saking kuatnya se x melangkah 1 klo semut berbaris dilewati… trims….

  45. bejoe mengatakan:

    om tolong infonya buat nurunuin kadar asam uran,,kemarin saya MCU kdar asam urat saya naik hingga 10,97…baca2 yg diatas br 9, aja udah kya gt,tp ko sya cm kadang ksmutan gt aja…..ada ga obtnya yg makplek ya buat nurunun kadarny,,tlng di share boleh ke face book saya di joanzjuniant@yahoo.com
    bantuan kalian sangat bermanfaat buad saya…..sebelumnya trims………

  46. anwar hanifah mengatakan:

    terimakasih atas infonya.

  47. nory mengatakan:

    saya diberi tahu temen, katanya srikaya juga bisa buat mengobati asam urat, betul?

  48. dody mengatakan:

    saya sangat kasihan sekali apa lagi beliau ibu kandung saya sendiri. kami baru mengetahui ibu kami kena asam urat satu tahun yg lalu setelah kami periksa ke dokter dgn skor 10koma, sakit yg dirasakan pada kaki bagian paha yg mana pernah mengalami jatuh saat berjalan seputar halaman yg mengakibatkan keseleo sampai saat ini susah sekali untuk digerakan kaki nya.

    Saya selaku putranya mohon petujuk kepada rekan2 yg sekiranya punya solusi bagi kesehatan ibu kami, terima kasih

  49. Kenzo mengatakan:

    semua penyakit yang timbul bersumber dari HATI. maka, jagalah HATI agar penyakit tidak datang & hinggap pada diri kita. kalo pengin sembuh, introspeksilah pada diri kita masing-masing, apa yang telah kita perbuat sehingga ALLAH Swt memberikan penyakit tersebut.

  50. Naphee' mengatakan:

    info penting nih buat nyokap di rumah.
    thx bgd iponya… :-)

  51. Rita Sabarita mengatakan:

    Terima kasih atas info & ilmu yg sgt berharga ini, smoga asam urat suamiku cepat minggat dgn jurus ini..

  52. mian simatupang mengatakan:

    Saya sdh lama kena asam urat, dan berkali-kali ganti obat baik dari Dokter maupun jamu-jamuan, baik utk dua hari tapi sakit lagi beberapa hari lagi. Begitulah menderita kalau sakit kaki tdk bisa diinjakkan atau tangan tdk bisa lurus atau mengangkat.Apa tidak ada obat yang ampuh utk penyakit ini, dan kita bersedia tdk makan pantangannya. Tolonglah yg punya pengetahuan tentang penyakit ini menjelaskan apa sebenarnya asam urat itu. Terimakasih

  53. TERAPI LINTAH mengatakan:

    Bagi anda yang berada di wilayah Surabaya & sekitarnya. TERAPI SEDOT LINTAH,LISTRIK, HIJAMAH (BEKAM),HIPNOTERAPY,HERBAL Dll DI :

    “THIBBUN NABAWI” JL.PACAR KELING 3 NO.44 KEC.TAMBAKSARI SURABAYA-JATIM . Telp 031-77944367.

    kami buka tiap hari dari jam: 09.00-17.00 wib.

    Lintah yang kami di suplay oleh eNHa farm. Jd anda tidak perlu khawatir dan ragu mengenai kualitas lintahnya.tarif nya hanya Rp.40.000; aja.…sudah teruji dan terbukti.

  54. Wie mengatakan:

    Dear All,

    Informasi Penyakit dan Pengobatannya:
    http://klinik-umum.blogspot.com
    Semoga bermanfaat

  55. soeharno mengatakan:

    trm ksh atas pencerahannya,sy kmrn sakit sekali pergelangan tangan kiri, dicek asam urat 8,4 dan diberi obat alopurinol dan skrng udah tdk sakt lagi.mungkin daun salam ini bagus utk penjagaan selanjutnya kalau obat dari dokter itu udah habis,akan saya coba.tks

  56. Awis mengatakan:

    Saya ada cerita yg mgkin brgn buat kawan2, teman saya seorang penderita asam urat yg kalo d bilang sdh parah karena kalo jalan kakinya gak bisa dilurusin (bengkok). terus sama teman saya yg lain d suruh minum air rebusan rumput PANCASONA (TANAMAN LIAR),katanya tanaman ini juga bisa menyembuhkan penyakit lain. Setelah d minium akhirnya sekarang teman saya sudah bisa jalan seperti biasa. mudaha2an info ini bisa berguna bagi kawan2. trim’s

    • sucipto prajana mengatakan:

      mohan infonya. bagaimana mrngolah rumput PANCASONA ?

      • fibri mengatakan:

        Maaf saya hanya, meng-info-kan saja, jika info yang dicari tidak ada, berarti belum ada infonya, mengingat keterbatasan waktu yang saya miliki. kapan-kapan kalau dapat saya posting ke blog.terima kasih.

    • merlin sitompul mengatakan:

      dimana bisa dapat tumbuhan ini, mohon infonya, ibu saya pengidap asam urat, saya tinggal di medan, mohon infonya

  57. syahru mengatakan:

    saaaalam buat semuanya silahkan mampir disini ada obat GRATIS tanpa herbal tanpa obat untuk nmenyembuhkan penyakit saudara

  58. Darsono mengatakan:

    Saya penderita asam urat, usia 60 tahun. Oleh dokter saat ini saya diberi obat Zyloric 300 mg, ada tambahan obat untuk mengurangi rasa nyeri. Setelah 30 hari pengobatan kondisi tubuh belum pulih terutama lutut masih ngilu dan kehidupan sehari-hari tidak nyaman/gelisah. Ketidak nyamanan itu apakah efek samping minum obat atau bagian dari efek penyakit asam urat.Lalu bagaimana cara mengatasi kondisi tersebut agar kembali nyaman sehingga bisa tidur pulas, bisa menimati makan dlsb. Terima kasih.

  59. maiya mengatakan:

    Makaci y atas infonya,,,aq mo coba pakek daun salam itu….

  60. obat alami asam urat mengatakan:

    maaf gan sekalian say promo kali aja agan DKK ter tarik dngan produk kami

  61. adit mengatakan:

    Saya umur 26 tahun, tapi dari hasil test darah, asam urat saya 10,4.
    Saat ini kakiku bengkak, untuk jalan sakit.
    Tidur juga tidak enak.
    Pakai sepatu tidak bisa.
    Saya sarankan jangan tergantung pada obat.
    Itu ga baik bagi ginjal kita.
    Sekedar share, siapa tau berguna.
    Saat ini saya baru terapi air putih, setiap pagi 500ml.
    Dan makan lobak untuk lalapan. (walaupun rasanya aneh buat lidah kita)
    Tapi saya tanamkan dalam sugesti saya bahwa itu akan ada hasilnya.
    Yang penting tidak tergantung obat2an, tetapi kembali ke herbal.

    mens sana et corpore sano.

  62. [...] Daun Salam Untuk Obat Asam Urat [...]

  63. Beberapa waktu lalu, ibu guru PAUD yang tinggal di depan rumah, tak terlihat keluar rumah. Rupanya usut punya usut, penyakit asam uratnya kambuh. Istriku berupaya cara mengobati asam urat apa yang bisa dilakukannya untuk mengurangi sakit yang dialami ibu guru dari anak pertamaku itu.. silakan simak lanjutan ceritanya :)

  64. putra mengatakan:

    mksh infonya bos

  65. firda mengatakan:

    makasih banyak infonya, komplit ama apa yang aku cari. :)

  66. AAAA mengatakan:

    thanks banget …..
    aku btuh bgt artikel ini bwt mami akuu yang lagii kolesterol tinggi dan asam urat tinggi

  67. tatang surjana mengatakan:

    Biar pun dari herbal atau alami ada ngga efek sampingnya juga brapa lama penyembuhannya, kalao asam urat yg dah kronis bisa ga……penulis dah mencobanya lom
    Terima kasih…..atas infonya moga bermanfaat.

  68. TASYA mengatakan:

    Salam sejahtera, saya senang untuk memperkenalkan produk 4Life Transfer Factor sistem Pendidik dan Pendukung Imun Paling Unggul.Membantu dalam pengobatan penyakit yang disebabkan oleh Lemahnya Sistem Imun dan sisitem imun tidak normal ( Autoimun ) seperti Rematik atau Asam urat. Banyak penyakit lain spt Kanker,Tumor,Alzeimer, Diabetes, Hipertensi, Stroke, Asma, Autis,Lupus, Hepatitis, Sinusitis, Gagal ginjal dll yang sudah sangat terbantu bahkan sembuh berkat Transfer Factor ( TF ).Dan TF sangat aman, tanpa efek samping dan dapat diminum oleh bayi baru lahir dan ibu hamil. TF bukan vitamin, mineral, herbal, enzim, hormon dan bukan obat. 100 % ALAMI – BEBAS KIMIA, diekstrak dari kolostrum sapi dan kuning telur ayam dengan teknologi tinggi nanofactor. MENINGKATKAN DAYA TAHAN TUBUH HINGGA 283% sampai 437%!
    Saya senang membantu apabila Bapak atau Ibu membutuhkan informasi tentang TF. (Melayani seluruh Indonesia) Hubungi saya : TASYA 022 9200 3344 / 0818 0202 3344. Terimakasih

  69. firoh mengatakan:

    pagi mas, salam kenal for all by firoh

  70. Obat Kanker mengatakan:

    terima kasih atas informasinya, referensi baru nih….

  71. aryanto mengatakan:

    kita memang harus memanfaatkan rempah-rempah dari indonesia untuk pengobatan tradisional .nice share gan

  72. Poetoe mengatakan:

    Saya juga penderita asam urat..tapi skr dah sembuh…kalo saya cukup minum jamu..beli jamu dikios jamu pake telor..kalo bisa konsumsi buah nanas secara rutin,selain sehat khasiat bh nanas juga sangat bagus cepat menurunkan asam urat.n yg paling penting slama pengobata jangan makan kacang2an sejenisnya..kangkung…semoga bermanfaat

  73. MIRACLE mengatakan:

    MIRACLE
    Obat Gosok Asam Urat tanpa Efek Samping, Buktikan !!!

  74. martiyus mengatakan:

    as wb saya mengalami sakit di bahu sebelah kanan kalau buat ngangkat terasa sakit banet saya setelah baca di webset bapak disitu saya meliat dalam webset bapak ada beberapa hal yang sudah di cantum kan beberapa jenis sepertinya daun salam yang sudah saya baca namun saat saya menggakat tangan terasa lemas dan ngilu mohon tangapan bapak, semoga jawaban dari bapak mungkin sangt berarti sekli bagi kami wasalam

  75. Ruli mengatakan:

    Salam kenal boz dan trima kasih infonya

  76. bos mengatakan:

    ok trmksh ya :( ga kale maksudnya :D :P :)

  77. polobye mengatakan:

    daun salam ternyata bisa jadi obat untuk banyak penyakit. obat memang ada di sekitar kita gak usah jauh2 ke impor obat dari amrik…Hidup Indonesia

  78. dwi sri wahyuni mengatakan:

    mikum…saya dwii saat ini nenek & ibu saya penderita asam urat dan kolesterol,bagaimana caranya agar dapat mengatur pola makan,padahal kalo kata dokter asam urat gak boleh makan kcg”an & sayur yg ijo”,sdgkn kolesterol qt harus jaga makanan dgn memakan makanan yag sehat seperti sayuran,adakah herbal yang mampu mengatasi kedua penyakit tersebut sebab aq sayaang banget sama keluargakuuu…makaciii :) <3

  79. yudi suwarno mengatakan:

    Dgn kamrat (jamu TCU) sekarang sakit asam urat dan rematik udh enggak masalah, kamrat, jamu produksi TCU terbukti sangat efektif , selengkapnya klik http://www.kamratasamurat.blogspot.com, yudi(085297639029)

  80. abyan mengatakan:

    alhamdulillah…saya telah membaca info yang lama saya cari ini. mudah2an bisa membantu penyakit asam urat istri saya… Amiin

  81. rieo mengatakan:

    terikasih ……… karena info ini asam urat yang di derita ibu ku menjadi berkurang…
    mudah mudahan info ini berguna bagi masyarakat indonesia untuk mengatasi asam urat nya……….

  82. Ir.tri mulyatno mengatakan:

    sampai saat ini obat asam urat yang terbukti mempunyai khasiat adalah MAHABBAH, silahkan mencoba

  83. Ir.tri mulyatno mengatakan:

    sampai saat ini obat asam urat yang terbukti mempunyai khasiat adalah MAHABBAH, silahkan mencoba 0818958066

  84. Butik Baju Online mengatakan:

    mudah2an bisa membantu segala penyakit….

    Baju Bali Murah

  85. Revyna mengatakan:

    trima kasih atas infox .

  86. guci mengatakan:

    trima kasih informasinya smoga berguna bagi saudara” yg sakit dan bagi bapak” yg mmbrikan informasi smoga di balasi oleh Allah SWT

  87. kiki mengatakan:

    aku juga sakit di pergelangan tanggan dan kaki,apakah itu tanda kalau aku terkena asam urat?tapi apakah asam urat penyakit yang bisa menyerang siapa saja entah yang muda atau yang tua………….!soal nya aku baru umur 24 thn mohon jawaban nya,,,,,,,,,,,,?trim”s

  88. yudi suwarno mengatakan:

    Dgn kamrat (jamu TCU) sekarang sakit asam urat dan rematik udh enggak masalah lagi , kamrat, jamu produksi TCU terbukti sangat efektif , selengkapnya klik http://www.obatasamurat-reumatik.blogspot.com, yudi(085297639029)

  89. Aan susilawati mengatakan:

    Thanks atas info^e

  90. Khafifah Bomeiu mengatakan:

    terima kasih info kesehatanya,saya akan coba,
    moga bermanfaat….

  91. Euis Priatna mengatakan:

    Terima kasih atas resep asam urat dan kolesterolnya mudah mudahan mertua dan saya pribadi bisa terbebas dari sakit asam urat dan kolesterol juga bermanfat bagi orang lain.

  92. amoi mengatakan:

    Yupz. . . . . .thank ats infox

  93. heny pertiwi mengatakan:

    aku mau coba yang untuk asam urat ^^

  94. jon mengatakan:

    sebagai sarana silaturahmi mengenai info pengobatan asam urat,diabetes, jantung, stroke, asma dan sebagainya hingga penagananya bisa hub 082116148574.

  95. djojo mengatakan:

    Assalamualaikum saudara2ku..
    Saya seorang kakek dengan umur 63 yang sudah lama sekali kena asam urat dan pernah di chek di lab sampai kadarnya 11 (normalnya 7 untuk pria). Sudah berpuluh kali kumat sampe ga bisa jalan dan rasanya cekot cekot sakit sekali.
    September tahun 2010 saya kena musibah, kaki ditembak sama pencuri motor sehingga harus dioperasi untuk mengeluarkan proyektilnya. namun lambung saya rusak parah karena terlalu sering disuntik obat anti nyeri paska operasi tsb. Ahirnya saya masuk RS lagi untuk pengobatan lambung saya. Selama perawatan setelah operasi dirumah saya harus tergeletak di tempat tidur selama hampir empat bulan karena asam urat yang gonta ganti menyerang kaki saya kanan dan kiri kadang di jempol kaki kadang dilutut. Sejak itulah saya minum/dibikinkan rebusan daun salam oleh istri saya pagi dan sore dan alhamdulillah sekarang saya sudah 6 bulan ini sehat selalu bahkan bulan lalu saya berani makan durian montong setiap hari 2/3 biji buahnya, yang dahulu sangat saya hindari. Maaf ceritanya panjang biar pembaca dapat mengambil pengalaman saya ini dengan baik.
    Mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi para pembaca.

    Waalaikumsalam

  96. tedhy mengatakan:

    tanya dunk,,,,
    yang buat obat asam urat..
    daun salam dalam kondisi basah (baru di petik)atau kering
    …?

  97. dandy mengatakan:

    Jd bingung kita,herbal atau ilmiah..mohon bantuanya

  98. boy rayan mengatakan:

    Kami ada ramuan alam yg dapat menyembuhkan penyakit seperti ASAM URAT,kolesterol,stroke,diabetes,hiper/hipo tensidsb secara alami tanpa operasi,tanpa bahan pengawet dan biaya yang menyesuaikan kemampuan,info lebih lanjut 08128448627 Kunjungi Page kami di http://www.facebook.com/pages/Pengobatan-Tradisional-untuk-segala-penyakit/123308827749818

  99. Eddy Suhendar mengatakan:

    saya coba tapi kjok masih aja asam urat itu ada.apakah memang prosesnya lama?selain daun salam apa lagi yg mujarap.trm kasih

  100. etu mengatakan:

    ada efek samping nya engga?

  101. nicky mengatakan:

    untuk sakitv asam urat di minum berapa kali sehari

  102. anjeli mengatakan:

    ayah saya juga kena asam urat, mau minum obat dokter tajut ada komplikasi penyakit lain, bagaiman ya????

  103. [...] Daun salam bisa dimanfaatkan untuk mengatasi asam urat, stroke, kolesterol tinggi, melancarkan peredaran darah, radang lambung, diare, gatal-gatal, kencing manis, dan lain-lain. Kandungan kimia yang dikandung tumbuhan ini adalah minyak atsiri, tannin, dan flavonoida. Bagian pohon yang bisa dimanfaatkan sebagai obat adalah daun, kulit batang, akar, dan buah. [...]

  104. Putra mengatakan:

    Tengkiyu biar tak coba dulu..

  105. Samsudin mengatakan:

    Terimakasih bnyak atas informasinya..

  106. Citra miracle mengatakan:

    Terimaksih ats informasinya,yg bgt bermanfaat skali dan insyaallah akn saya coba smga pnykit asam urat ibu saya bs terobati dan sembuh.amin.

  107. fitri mengatakan:

    terima kasih atas resepnya mdah2an dengan resep in mama cpat sembuh……….. n bermanfaat untuk smw org yg membacax….

  108. Ammy Lien Shu mengatakan:

    aslmualaikum……………ap yg terbaik bwat obt asam urat,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,wa’alaikumslam

  109. juni mengatakan:

    ibuku kena asam urat sampe bengkak dan tidak bisa jalan,akan mencoba daun salam semoga bisa sembuh…

  110. eddy yusup mengatakan:

    Ass,Terima kasih banyak atas informasi yg saya dapat di artikel ini..mudah mudahan kita semua senantiasa di berikan kesehatan oleh Allas SWT,
    Saya sangat terkesan membaca pengalaman rekan rekan di artikelnya,bermaam macam pula keluhan penyakit yang di derita,dan kebetulan saya juga salah satu asam urat yg tinggi yaitu 8,9 ( normal 7 untuk pria ).mohon info jelasnya sebenarnya obat untuk asam urat apa ya,terima kasih.

    Wass,

    Eddy YUSUP-Banten 68.

  111. tri budi utomo mengatakan:

    untuk asam urat yg kronis

  112. Akon markoni mengatakan:

    mksh banget informasinya

  113. Terimaksih info nya..secara Ibu saya dan saya juga kena asam urat dan kadang kadar kolestrol naik…akan saya coba untuk Ibu saya dan saya sendiri sebagai obat alternatif yang alami.

  114. Tuti Rahayu mengatakan:

    Saya sdh kena asam urat selama 20 th dan usia saya skrg 40 th ..luar biasa segala pengobatan dan dokter sdh sy jalani tetap blm sembuh … gmna lagi ya …tp sy ttp optimis bhw suatu saat sy akan sembuh dan sehat …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s