Search Engine – Mesin Pencari

Posted: 30 Oktober 2004 in Artikel di Blogger

Terdapat banyak kekeliruan mengenai istilah search engine ini, oleh karena itu saya berusaha jelaskan dulu secara garis besar. Search engine adalah sebuah sistem yang akan menggali setiap informasi web dengan menggunakan sebuah program yang disebut robot, bot, daemon, dan sejenisnya. Istilah ini sering disalah artikan sebagai search engine, yakni index. Index adalah kumpulan data base mengenai berbagai resource dalam web. Yahoo adalah index, bukan search engine. Anda mengajukan site anda beserta berbagai karakteristiknya seperti deskripsi, alamat URL, untuk kemudian mengundang orang-orang yang bekerja di Yahoo! menilai apakah site anda layak untuk mereka pajang dalam index mereka yang bergengsi itu. Kalau boleh dibilang hadiah terindah yang akan anda peroleh adalah terdaftar di Yahoo! (alasan-alasannya akan saya jelaskan di bagian lain). Menyerahkan site anda pada search engine dan index merupakan cara yang paling penting untuk meningkatkan traffic ke site anda. Bayangkan site anda tanpa terdaftar di berbagai search engine, bagaikan hidup sendirian di kutub tanpa ada yang mengetahui keberadaan anda, bagaikan sekumpulan data yang mungkin oleh anda telah dibuat seindah dan sebaik mungkin tanpa ada yang tahu kecuali teman-teman terdekat anda. Itu adalah hal paling pertama dan paling penting sekaligus paling mudah yang harus anda lakukan. Tetapi sebelum anda bergegas menyerahkan site anda, mari kita bahas lebih lanjut tentang berbagai search engine dan index terkemuka yang ada di dunia, dan menentukan bagaimana anda menyiapkan site anda.

Tip: Search engines dapat mendatangkan kepada anda pengunjung tapi tidak menjamin kontinuitas alirannya, pengunjung yang berulang. Tipuan sebenarnya adalah terletak pada meningkatkan traffic dari search engine adalah untuk menjaga pengunjung pertama kali atau tamu baru untuk terus datang ke site anda secara berulang. Bayangkan bila dari search engine anda memperoleh satu pengunjung baru setiap hari, anda hanya menerima total 365 penunjung dalam setahun dari usaha keras anda terhadap search engine. Tapi bila anda menyediakan cukup alasan bagi para tamu baru tersebut untuk datang lagi di keesokan harinya, dan keesokan harinya lagi, maka itu berarti anda akan memperoleh 365 orang atau lebih yang secara konstan mengunjungi site anda. Itu 11.102 pengunjung setiap bulan atau (bukan main) 133.225 kunjungan setahun. Nah itu baru yang dinamakan traffic jam :9 …Satu hal lagi (sorry, saya cerewet) pengunjung sebanyak itu tidak berarti bila tidak mendatangkan uang bukan, oleh karena itu anda harus bisa mengatur bahwa orang yang datang ke site anda adalah orang yang tepat bagi keperluan anda. Hal ini hanya akan dibahas lebih dalam pada bagian lain, oleh karena itu…teruskan membaca.

Untuk memungkinkan hal ini terjadi, anda diperlukan untuk menciptakan kebutuhan dan keinginan dari para tamu baru tersebut untuk kembali, kan ? Apabila tamu baru tersebut telah melihat SEGALANYA pada kunjungan pertama dan tidak ada yang baru pada kunjugan mereka yang kedua, anda akan kehilangan para tamu baru itu…pasti. Yah tapi itu nanti, pertama kita harus mendatangkan dulu tamu baru itu kan ? nah dengan search engine dan index-lah hal itu dapat kita wujudkan.
Kuncinya adalah keywords yang tepat
Ketika seorang web surfer memasukkan sebuah permintaan search seperti “permen”. Program ‘Robot Pencari’ akan menjejaki dan mengendus semua URL (universal resource locator-alamat site) yang ada dalam data base kepala mereka, dan kemudian keluar mengusung alamat-alamat yang paling dekat dengan permintaan tersebut secara berurutan sesuai dengan ketepatannya. Kita harus juga mempertimbangkan kesabaran para surfer tersebut, mereka berharap dengan memasukkan kata atau topik tertentu mereka akan menemukan link ajaib yang akan mengantar mereka ke tempat yang mereka inginkan, kadang bila terlalu lama, maka surfer tersebut frustrasi dan membatalkan pencarian dan mengganti kata dengan keywords yang lain. Oleh karena itu untuk memastikan orang tersebut sampai ke site kita dalam pencarian web, maka anda sebaiknya memasukkan kata kunci atau keywords yang berbeda dalam tiap halaman site anda sesuai dengan barang atau obyek yang anda tawarkan dalam site anda (pada contoh ini saya menggunakan kata “permen”). ISI dari site anda harus spesifik dan bertarget, jangan menyangka dengan menambahkan beberapa kata kunci tipuan pancingan akan memungkinkan pengunjung yang datang akan membeli “permen” anda (indikator kesuksesan site anda). Bayangkan bila seseorang berniat membeli mesin traktor dan terdampar di site anda karena site anda yang menawarkan “permen” menggunakan kata “mesin traktor” pada keywords meta tags anda (binatang apa meta tags ini ? nanti akan saya jelaskan,OK ?). Dia akan frustasi dan bahkan mungkin akan mendatangkan gangguan bagi anda pengelola site tersebut. Lebih baik kedatangan sepuluh pengunjung yang berkualitas dan mau membeli “permen” dari site anda dari pada kedatangan 1000 pengunjung yang salah alamat dan mencari hal lain. Ingat, dengan menggunakan kata kunci-keywords yang seperlunya anda memudahkan diri anda dan orang lain. Dan itu akan berbalik menguntungkan anda tentunya.
Search Engine Otomatis

Beberapa search engine menggunakan mesin atau program yang berjalan otomatis, dan dapat mendaftarkan site anda dalam sehari atau dua. Coba kita lihat Altavista.com, sebuah mesin pencari yang sangat popular sekarang ini. Setelah anda menyerahkan alamat site anda (pada add URL form yang terdapat di sana -anda harus mencari baik-baik karena tulisannya kecil), robot altavista yang baik itu akan mengunjungi site anda dan menggali setiap informasi yang terdapat di sana dan mengkategorikannya sesuai dengan perintah-perintah yang anda cantumkan sebagai, katakanlah etika bertamunya robot tersebut🙂, bahkan semua link yang terdapat dalam halaman tersebut, oleh karena itu memiliki link yang banyak ke semua halaman site anda adalah baik buat anda demikian juga memiliki banyak link KE halaman anda tersebut karena akan mempengaruhi peringkat site anda. Biarkan robot Altavista yang mengindekskan semuanya sebagai ganti anda yang melakukannya pada form yang ada di Site Altavista.

Tip: Sebaiknya setiap halaman pada site anda memiliki title atau judul, deskripsi atau descriptions, dan kata kunci atau keywords yang berbeda namun tetap sesuai dengan apa yang anda tawarkan pada site anda. Ini adalah untuk menghasilkan efek selimut, yakni semakin lebar selimut yang menjangkau kata kunci maka kesempatan anda untuk muncul dalam setiap pencarian terjaga. Ada juga teori yang mengemukakan bahwa teori ini sama efektifnya dengan teori titik air, yakni semakin fokus anda menggunakan keywords maka peringkat anda pada setiap pencarian akan semakin tinggi. Bereksperimenlah dalam hal ini, gunakan variasi, dan cari pemecahan terbaik bagi site anda.

Daftar Search Engine Otomatis:

http://www.altavista.com

http://www.hotbot.com

http://www.infoseek.com

http://www.excite.com

http://www.webcrawler.com

http://www.northernlight.com

http://www.lycos.com

Servis yang mendaftarkan site anda pada sekaligus beberapa Search Engine:

Add-Me http://www.addme.com

Submit- It http://www.submit-it.com

Servis gila-gilaan:

Coba TrafficBoost bila anda ingin langsung mendaftar ke lebih dari 500 search engine, tapi ingatlah bahwa selain kurang efektif cara-cara di atas terkadang mendatangkan beberapa kerugian karena anda dapat dianggap melakukan spam
Komentar
  1. h3rdy mengatakan:

    thanks infonya boss… aku akan coba.. tapi mungkin keywor2 ku belum bisa mempan di google .tapi kalo nyari dengan nama blogku. google dah mau menemukan hasil tetapi kalo tenytang tulisanku kayaknya masih kalah ama yang lain

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s