Tidur Berlebihan, Resiko Kematian Mengancam

Posted: 2 Juli 2006 in Tak Berkategori


Sebuah pandangan yang mengatakan semakin lama orang tidur, akan mendapatkan kesehatan yang optimal, ternyata merupakan pandangan yang salah.

Sebuah penelitian tentang korelasi waktu tidur dan tingkat kematian yang dilakukan oleh Institusi American Cancer Society yang bekerja sama dengan UCSD mengatakan bahwa orang dengan kebiasaan tidur lebih dari 8 jam sehari cenderung memiliki resiko tinggi untuk meninggal dengan cepat.

Orang yang tidur 8 jam sehari dalam penelitian tersebut dikatakan memiliki resiko 12 persen meninggal lebih cepat, dan resiko meningkat menjadi 17 persen pada orang-orang yang tidur 9 jam sehari. Dan resiko lebih besar, yaitu 34 persen terjadi pada orang-orang yang tidur 10 jam sehari.

Meskipun dalam penelitian tersebut terungkap tingginya kematian bagi yang tidur lebih dari 8 jam sehari, namun belum sampai penjelasan akan sebabnya terjadinya kecenderungan yang demikian.

Tetapi Profesor Daniel F. Kripke, seorang ilmuwan AS sepesialis peneliti perilaku tidur manusia menegaskan, bahwa orang yang mempunyai kebiasaan tidur rata-rata 6,5 jam sehari agar menjadi yakin bahwa kebiasaan tidurnya adalah telah mencukupi, dan tak ada alasan untuk menambah jam tidur lebih lama lagi.

Mengapa tidak baik tidur lebih dari 8 jam sehari? Jim Horne, Phd dari Loughborough University Inggris, mengatakan, kebanyakan tidur sama halnya dengan kebanyakan makan, lebih dari yang dibutuhkan oleh tubuh, dan sama juga kelebihan minum, lebih dari apa yang diperlukan tubuh.

Jam tidur yang normal bagi manusia sangat bervariasi dari 2 jam sampai 12 jam sehari, dengan demikian, berapa waktu yang ideal dibutuhkan manusia untuk tidur? Kalau merujuk dari hasil penelitian di Amerika tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa tidur 7 jam sehari adalah yang terbaik.

Sejauh ini terbukti sangat aman tidur hanya 7 jam sehari, begitu juga tidak terjadi masalah jika tidur kurang dari 7 jam, misalkan tidur 6 jam atau 5 jam sehari. Tetapi Donald Bliwise, PhD dari Atlanta’s Emory University, seorang pakar masalah tidur mengingatkan, bahwa tidak baik bagi kesehatan apabila terus menerus tidur kurang dari lima jam sehari dalam waktu yang cukup lama.

Tidur merupakan fase penting dalam perbaikan daya kerja tubuh. Tetapi hidup bukan hanya untuk tidur, walaupun tidur juga merupakan hal yang penting dalam kehidupan manusia. Kalau selama ini Anda tidur lebih dari yang dibutuhkan, dengan menganggap ‘lebih banyak tidur lebih baik’ hilangkan kebiasaan tersebut. Tidur yang cukup, dan yakinlah tidur selama 7 jam sehari telah mencukupi dan membawa dampak yang positip bagi kesehatan Anda. (sud) sumber : http://www.Kapanlagi.com

Komentar
  1. Ucha mengatakan:

    gmn dunk.,,,. klo tidur cuma 7 jam malah suka ngantuk &pusing

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s