Gaji PNS Naik 15 Persen

Posted: 16 Agustus 2006 in Artikel di Blogger

abu, 16 Agt 2006,www.jawapos.co.id

DPR Minta Pemerintah Tidak Cari Popularitas
JAKARTA – Gaji pegawai negeri sipil (PNS) dipastikan naik tahun depan. Persentase kenaikan gaji abdi masyarakat ini akan diketahui dalam pidato kenegaraan dan pembacaan nota keuangan RAPBN 2007 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam sidang paripurna DPR hari ini.

Namun Wakil Ketua Panitia Anggaran DPR Hafiz Zawawi sudah punya bocoran persentase kenaikan gaji PNS. “Belanja pegawai tahun 2007 mencapai Rp 94,9 triliun. Itu termasuk kenaikan gaji PNS dan pensiunan 15 persen,” ungkap Hafiz Zawawi kemarin. Belanja pegawai Rp 94,9 triliun itu lebih tinggi daripada pagu tahun ini Rp 79,9 triliun.

Benarkah naik 15 persen? Saat dikonfirmasi di kantornya kemarin, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati belum memberikan kepastian. “Kalian dapat bocoran dari mana. Ya sudah, besok (hari ini, Red) diumumkan,” ujar Sri Mulyani sambil tersenyum.

Sebelumnya, dia memastikan kenaikan gaji PNS akan diumumkan dalam pidato Nota Keuangan. Dalam pembicaraan pendahuluan dengan DPR juga diketahui, pemerintah mengusulkan uang lauk pauk Rp 10 ribu per hari. Selama ini, PNS hanya mendapatkan tunjangan beras.

Ketua Panitia Anggaran DPR Emir Moeis mewanti-wanti agar pemerintah memperhatikan kemampuan anggaran sebelum menaikkan gaji PNS. “Naik gaji sih bagus-bagus saja. Namun, harus dikaji dengan benar sesuai dengan kondisi APBN kita. Jangan sekadar untuk popularitas saja,” kata Emir melalui pesan singkatnya.

Tahun ini, pemerintah sudah menaikkan gaji PNS dengan besaran yang sama, yakni 15 persen. Selain itu, ditetapkan tunjangan minimal sehingga take home pay PNS golongan terendah tidak boleh kurang dari Rp 1 juta. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) pernah mengajukan gaji ideal PNS minimal Rp 2 juta.

Asumsi Makro

Hal penting lainnya yang akan dibacakan presiden hari ini adalah asumsi makro ekonomi RAPBN 2007. Hafiz Zawawi mengungkapkan, dalam pembicaraan pendahuluan, pemerintah mengusulkan PDB (Produk Domestik Bruto) Rp 3.531,1 triliun. Sedangkan pertumbuhan ekonomi ditargetkan 6-6,5 persen.

Berikutnya, inflasi ditargetkan 6-8 persen. “Kurs diproyeksikan Rp 9.000-9.500 per USD dan bunga SBI (Sertifikat Bank Indonesia) 3 bulan 8,5-9,5 persen,” ungkap Hafiz. Selanjutnya, harga minyak internasional diasumsikan mencapai USD 57-65 per barel. Lifting minyak mentah ditargetkan sebesar 1 juta barel per hari. Sedangkan produksi minyak mentah diproyeksikan mencapai 1,05 juta barel per hari.

Meski dalam pembicaraan pendahuluan dengan DPR masih banyak indikator makro yang berupa kisaran, dalam pidato tentang Nota Keuangan hari ini akan disebutkan dalam angka definitif.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, asumsi makro yang akan dibacakan presiden hari ini masih realistis. “Kita masih akan lihat di dalam range yang ada. Di dalam nota keuangan yang besok (hari ini) disampaikan Bapak Presiden, kalau trennya membaik, tentunya realistis,” ujarnya.

Men PPN/Kepala Bappenas Paskah Suzetta mengatakan, angka-angka yang akan disampaikan presiden masih bersifat normatif. “Ada yang krusial. Tapi, semua sudah dibicarakan dengan DPR,” ujarnya.

Dalam dokumen RKP (Rencana Kerja Pemerintah) tahun 2007, disebutkan sembilan prioritas pembangunan nasional. Yakni, penanggulangan kemiskinan serta peningkatan kesempatan kerja, investasi, dan ekspor.

Berikutnya, revitalisasi pertanian dalam arti luas dan pembangunan pedesaan, peningkatan aksesibilitas serta kualitas pendidikan dan kesehatan, penegakan hukum dan HAM, pemberantasan korupsi, dan reformasi birokrasi.

Prioritas selanjutnya adalah penguatan kemampuan pertahanan, pemantapan keamanan dan ketertiban, serta penyelesaian konflik. Selanjutnya, mitigasi dan penanggulangan bencana, percepatan pembangunan infrastruktur, serta pembangunan daerah perbatasan dan wilayah terisolasi. (sof)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s