Internet sebagai suatu kebutuhan global

Posted: 12 November 2007 in Teknologi Informasi, Tulisanku

Penulis : Fibri Aryanto,A.Md

Penggunaan teknologi informasi di Indonesia dewasa ini telah menunjukkan perkembangan yang begitu pesatnya . Dan seiring dengan dimasukkan Internet ke dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi Edisi 2004 pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi ( TIK) pada jenjang pendidikan SMA dan pada mata diklat Ketrampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI).

Dengan masuknya Internet sebagai salah satu pengetahuan di bidang informasi telah memberikan banyak keuntungan-keuntungan bagi semua pihak yang menggunakan internet sebagai sarana informasi baik berupa promosi dalam bentuk website atau iklan-iklan dalam bentuk banner-banner serta penggunaan internet sebagai sarana komunikasi tercepat yaitu dengan E-Mail dan Chatting. Apabila kita ingin menggali berbagai macam ilmu yang ada di internet maka hal –hal yang harus diperhatikan adalah :

1.      Minimal kita mengerti sedikit pengetahuan tentang computer terutama program windows seperti penggunaan copy, paste untuk menyalin informasi yang kita perlukan.

2.      Minimal kita mengenal cara browsing di internet dan menggunakan e-mail.

Oleh karena itu kita harus mempersiapkan hal-hal yang harus diperlukan di dalam menggunakan internet. Sedikit tidaknya tersedia computer yang terkoneksi ke internet melalui modem. Kemudian kita harus mengetahui tujuan kita di dalam menggunakan internet, apakah untuk sekedar mencari informasi, kirim surat atau berkomunikasi melalui chating. Setelah tahu tujuan kita, maka kita dapat membatasi penggunaan internet sehingga biaya yang dikeluarkan tidak terlampau banyak. Walaupun kita tidak memiliki computer yang terkoneksi ke internet, maka kita dapat mula menggunakan jasa layanan via warnet ( warung internet ).

Untuk itu marilah kita mencoba dan mencoba untuk browsing di internet. Browsing adalah berselancar di internet untuk mencari informasi –informasi melalui sebuah alamat website seperti http://www.yahoo.com dan lain-lainya. Kita perlu mencari dan mencari suatu informasi yang tersimpan pada website-website yang tersebar pada semua jaringan internet. Tapi kita harus dapat menilai manakah informasi yang baik dan mana yang buruk. Sehingga dengan berbekal mental yang positif untuk maju, internet lebih banyak membantu dalam kehidupan kita sehari-hari. Kita dapat berkomunikasi melalui e-mail atau chating dan dengan demikian semakin banyak ilmu pengetahuan yang kita dapatkan semakin banyak pula teman yang kita dapat. Sebelum kenal internet kita merasa gaptek atau gagap teknologi, setelah kita berselancar mengarungi dunia teknologi informasi maka kita akan lebih terbuka dan melek terhadap perkembangan teknologi yang semakin hari semakin maju .

Marilah kita bersama-sama menggali informasi-informasi yang ada di dunia maya atau internet sebagai tambahan ilmu pengetahuan kita. Dan janganlah kita memandang sebelah mata bahwa internet hanya semata-mata mengenai informasi pornografi saja, tetapi lihat secara luas disamping ada dampak negative dari penggunaan internet, masih banyak pula manfaat yang kita dapatkan dari berselancar di dunia maya ini. (fry)

Sumber : Majalah ORBIT Edisi 2 Tahun 2006 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s