Obat Flu Bisa Ubah Perilaku Anak-Anak

Posted: 29 November 2007 in Kesehatan
Tag:, ,

WASHINGTON – Lembaga Pemerintah yang menangani kesehatan diimbau untuk menambahkan label tentang peringatan masalah syaraf yang ditimbulkan akibat mengonsumsi obat flu pada anak-anak. The Food Drug Administration (FDA) telah melakukan review terhadap keamanan tamiflu sejak 2005, setelah dilaporkan ada anak-anak yang mengalami masalah syaraf, termasuk halusinasi dan tertawa yang terbahak-bahak.

Sebanyak 25 pasien di bawah umur 21 meninggal ketika mengonsumsi obat ini, kebanyakan dari mereka di Jepang. Lima anak-anak di antaranya meninggal karena jatuh dari jendela, atau balkon, atau berlarian di jalanan. Memang, tak seorangpun anak yang meninggal yang terkait dengan Relenza, namun pemerintah setempat menyatakan bahwa anak-anak yang mengonsumsi obat menunjukkan gejala yang sama.

Sementara FDA menyatakan bahwa kenyataan itu masih belum begitu jelas apakah langsung berhubungan dengan obat, namun FDA merekomendasikan menambahkan potensi efek samping tersebut pada label obat flu Tamiflu dan Relenza. Selain karena efek samping obat, FDA menyatakan bahwa perilaku anak-anak yang aneh bisa jadi karena strain flu yang tidak biasa atau reaksi genetik yang jarang pada obat ini
(Abdul Malik / Sindo / mbs)
sumber : http://www.okezone.com

Komentar
  1. lenny mengatakan:

    wah kalo soal syaraf emang harus hati hati…🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s