AA Gym Menjawab

Posted: 7 Desember 2007 in Tokoh Agama

Ini penampilan pertama Abdulah Gymnastiar atau akrab dipanggil Aa Gym di sebuah talk show. Tidak mudah meyakinkan dai yang dikenal dengan lagunya ‘Jagalah Hati’ ini untuk tampil di Kick Andy. Pasalnya, selama ini dia merasa didzolimi oleh pers setelah berpoligami.

1345

Melalui berbagai pertimbangan, akhirnya Abdullah Gymnastiar menyatakan bersedia. Semua pertanyaan yang diajukan Andy Noya dijawabnya dengan terbuka. Mulai dari alasan mengapa sampai dia tega menyakiti hati istri dan keluarga dengan kawin lagi, bagaimana perasaannya ‘ditinggal’ oleh para pengagumnya, sampai isu bisnisnya hancur setelah berpoligami.

”Ini cobaan yang berat dalam hidup saya. Tapi dalam perjalanan waktu ke depan saya yakin ada hikmah yang dapat dipetik,” ujarnya.

 

137

Dengan suara bergetar Aa Gym mengungkap perasaan yang harus dipendamnya selama beberapa tahun terakhir ini. Pria yang bertutur lembut ini mengaku beberapa tahun terakhir hidupnya tidak bahagia. Dia merasa kehidupannya bagaikan sebuah mesin yang sedang berjalan dan tidak bisa dihentikan. ”Saya begitu sibuk. Dari satu acara ke acara lain. Dari satu daerah ke daerah lain. Bahkan untuk mengejar waktu, saya sering naik helikopter atau pesawat khusus. Saya tidak punya waktu lagi untuk urusan pribadi,” ungkap ayah tujuh anak ini.

 

135

Bahkan untuk bertemu dengan kedua orangtua yang dia cintai pun tidak pernah dapat terlaksana. ”Saya rindu dan ingin bertemu orangtua tapi jadwal begitu padat. Saya sudah menyadari ada yang salah dengan kondisi ini. Saya jadi jarang bertemu dengan istri dan anak-anak. Tapi saya tidak berdaya. Saya tidak bisa menghentikan mesin ini.”

Maka, ketika pria 45 tahun ini memutuskan untuk menikah lagi, dan akibat keputusannya itu dia ditinggalkan oleh sebagian besar ‘umatnya’, Aa Gym mengaku semua itu merupakan kehendak Allah untuk menghentikan mesin kehidupannya yang berputar telalu cepat.

 

138

”Ini cara Tuhan agar saya mempunyai waktu untuk lebih memperhatian keluarga. Ini cara yang halal, yang diijinkan oleh agama,” ujarnya masih dengan suara bergetar.

Mengenai bisnisnya yang terganggu akibat banyak pengagumnya yang menarik diri setelah dia menikah lagi, Aa Gym juga mensyukuri dan mengambil hikmahnya. ”Sejak awal saya juga merasakan semua kegiatan bisnis yang bertumpu pada pengultusan individu tidak akan sehat dan tidak akan bertahan lama,” ujarnya.

 

139

Dengan kondisi tersebut, secara alamiah bisnis yang dipimpinnya di, bawah payung Manajemen Qolbu Corporation, tersaring secara alamiah. ”Unit bisnis yang mengandalkan saya sebagai pribadi, terpaksa tutup. Tapi bisnis lain yang dikelola secara profesional, sampai sekarang tetap bertahan.”

Aa Gym tetap pada pendiriannya bahwa berpoligami adalah keputusan yang tidak menyalahi agama dan prinsip hidupnya. ”Kita bisa lihat di sekeling kita, masih ada yang memilih jalan yang dilarang agama. Apa yang saya lakukan tidak menyalahi agama.”

 

140

Pada bagian kisah tentang adiknya yang lumpuh dan kemudian meninggal, pria yang gemar berolahraga petualangan ini tidak kuasa membendung tangisnya. Kepada Andy Noya dan penonton di studio, Aa Gym mengakui adiknya yang cacat itu merupakan sumber inspirasinya dan menjadikan dirinya seperti sekarang ini.

Adiknya yang sudah lumpuh waktu itu tetap bertekad melanjutkan kuliah ke fakultas ekonomi Universitas Indonesia. Padahal untuk ke kuliah dan beraktivitas, Agung, sang adik, harus dibopong. Aa Gym sebagai kakak termasuk yang paling sering membopong adiknya ke tempat kuliah.

Suatu hari, Aa Gym tak kuasa untuk melemparkan pertanyaan kepada Agung. ”Dik, kata dokter sakitmu sudah parah sekali. Tapi adik kok tidak pernah mengeluh?” Sang adik tersenyum lalu menjawab, ”Untuk apa mengeluh? Mengeluh akan membuat orang lain susah. Kalau orang-orang beramal untuk bekal di surga nanti, saya ingin agar kesabaran saya ini bisa menjadi bekal nanti.”

Mendengar jawaban itu Aa Gym tersadar. Betapa mulianya hati sang adik. Bahkan Agung pernah mengatakan apa pun yang dilakukan Aa Gym tidak akan sempurna jika tidak mengikuti jejak Nabi Muhammad. ”Itulah titik balik dalam kehidupan saya sehingga saya bisa seperti sekarang ini,” ungkapnya.

Di Kick Andy pimpinan Pesantren Daarut Tauhid ini juga bercerita tentang kenapa dia kerap memakai sorban, bagaimana ketika di SD dia terpaksa jualan jambu milik tetangga, dan bagaimana saat mahasiswa dia harus mencari uang dengan menjadi supir angkot. Termasuk bagaimana dia menghidupi keluarga dengan jualan bakso. ”Subuh-subuh saya sudah ke pasar beli tulang sumsum untuk kuah bakso.” Tapi mengapa sang istri waktu itu terganggu dengan profesi sang suami? ”Karena setiap hari jualan bakso, badan saya bau bakso semua. Istri gak tahan dan sering mau muntah,” ujar Aa sembari tertawa.

Banyak kisah suka dan duka dalam perjalanan hidupnya yang dia ungkapkan di Kick Andy. Aa Gym juga menjawab semua tudingan terhadapnya. Sebuah wawancara tanpa batas dengan sang tokoh. Di ujung acara, Aa Gym dipertemukan dengan ‘Aa Jimmy’, yang selalu menirukan Aa Gym di News. Com. Apa yang terjadi? Marahkah Aa Gym?

kickandy.com 

suryaningsih.wordpress.com

Komentar
  1. Jonathan mengatakan:

    Ini kan khidupan pribadi…kenapa dibikin rumit ya…kaykanya kalu telah dianggap jadi pemimpin, panutan,,,ya gt deh jadinya…ada yang ngg srek psar menghukum….
    tidak haram poligami…halal 100%…hanya saja norma org indonesia banyak yang tidak setuju…bukan menentang agama..bukan…tapi norma…
    jadi panutan…akan dihormati, disegani…tapi akan banyak juga pantangannya…baik dari ajaran agama atau norma…contoh…bini tetangga saya ada 3…dia tukang becak…rukun aja…orang tidak pernah mempermasalahkan…jadi masalah kalu ybs figur publik…

  2. Izzah mengatakan:

    Sungguh menarik untuk dijadikan ibrah bagi semua kalangan. Tidak ada manusia yang sempurna. Namun saya salut pada Aa dan juga teteh.
    Jalan dalam berdakwah memang penuh rintangan.
    Semoga kedua teteh selalu dapat berjalan beriringan dalam menyampaikan syiar Islam. Tentunya bersama Aa.
    Innallaha ma’ash Shoobiriin.

  3. TANTO mengatakan:

    Ass.wr.wb, apa yg aa gym lakukan hanya Alloh lah yg tahu, syukuri itu celaan, hinaan dan cemoohan. Jgn ragu menegakkan syariat islam. Lihatlah manusia diluar sana justru “jalan gelap” yg mereka pilih.( zina, korupsi dll). Jikalau ada 1000 orang sepertimu niscaya 1000 orang wanita dan keluarga akan terselamatkan dunia dan akhirat. amin

  4. Someone who love Allah mengatakan:

    Tetap semangat A…Allah bersamamu.

  5. hermanation mengatakan:

    Apa yang dilakukan Aa’ Sudah Benar , Jangan Takut di hina atau dicerca oleh manusia Takutlah jikalau kita sudah tidak mengigat Alloh. Rosululloh SAW saja ketika menyiarkan agama Alloh banyak dihina, difitnah dan malah di aniaya masa kita yang tidak semulia Rosul pusing dengan pemberitaan miring tentang AA’ , sabar A’ Mudah-mudahan dibalik kejadian ini Aa’ Diangkat derajatnya Oleh Alloh SWT. Amin

  6. imam mengatakan:

    berjuang terus aa gym manusia indonesia butuh bimbingan untuk kemakmuran lahir batin

  7. Abdul Salam mengatakan:

    Begitulah kualitas manusia sekarang, pintarnya hanya menyalahkan orang lain tanpa menggunakan ukuran agama, malah berdasarkan egonya sendiri.

  8. masdar mengatakan:

    aa gym kumaha wartosna, daramang a,marhaban ya ramadhan mhn lhr btn

  9. Renal mengatakan:

    soekarno poligami gak pernah di permasalahkan ma musuh-musuhnya,kakek saya istrinya dua baik-baik aja sampi matinya tetangga masyarakatnya gak ribut keluarga dan ketrurunannya damai-damai saja, saya salah satu keturunannya

    istri-istrinya A Gym juga gak ribut terus kepada ibu-ibu bapak-bapak ngapain ribut, mendingan kita berdoa yuk ma Allah dan meningkatkan kan keimanan kita masing-masing

  10. slamet nurhadi mengatakan:

    assalamualaikum wr.ab.
    alhamdulillah, terimakasih AA GYM, engkau telah menunjukkan sunnah2 rasul yang begitu indah, sudah 4 tahun aku menjadi idola engkau, meskipun engkau terkana badai, engkau begitu tegak menghadapinya, saya merasa sedih karena jarang melihat engkau di tv, semoga salam saya bisa melepas rasa rindu dan kangen saya kepada engkau. terimakasih.
    wassalamualaikum wrr.wb

  11. azimmah mengatakan:

    aa adalah orang yang sangat beruntung janagn hiraukan perkataan manusia yang musti dihiraukan kalau kita tidak bisa menatap Alloh kelak di surga,hidup islam yang sempurna

  12. EmMa ViRgiNia NaRes W mengatakan:

    GA SALAH SIE APA YANG UDAH DILAKUKAN AA GYM,DG BERPOLYGAMI,..NABI TERCINTA KITA MAKHLUK YANG PALING MULIA DISISI ALLOH AJAE PUNYA 4 ORANG ISTRI,..
    TAPI KARNA BELIAU ADALAH SOSOK YANG ADIL DAN BIJAKSANA,SETYAP PERBUATAN ITU DIRIDHOI OLEH ALLOH SWT,…
    QITA BISALAH MEMA’LUMI,.KARENA AA GAE SALAH,HANYA ORANG” YG SYIRIK,IRIE,YANG MAU MENJATUHKAN AA,.YANG BERKATA BAHWA POLYGAMI YANG AA LAKUKAN ITU SALAH,..ALLOH AKAN SELALU BERSAMA ORANG” YANG SABAR A’.,,,BIARPUN AA’ HINA DI MATA MASYARAKAT,KARENA BERPOLYGAMI,..TETAPI JIKA PERBUATAN YANG AA LAKUKAN HANYA SEMATA MENCARI RIDHO ALLOH,DAN MENGIKUTI JEJAK DAN SUNNAH RASUL,..AA’ TETAP JADI YANG MULIA DISISI ALLOH,SWT,….

    AMIEN,…

  13. Mahda Mafaza mengatakan:

    Ta’addud/ polygami, ndak masalah. Allah mengijinkan koq. Tapi kudu ittiba’ Rosul dalam menunaikannya. DITA’ADDUDDD….???
    SIAPA TAKUDDD….KALO JANNAH IMBALAN YANG YAHUUUDDD…:)🙂

  14. aya mengatakan:

    chayoo terusbt Aa Gym…
    Terkadang omongan orang ga harus dipakai apalagi merubah prinsip.
    dalam pandanganku poligami tidaklahburuk selama masih menganut syariat islam.
    SETUJU TIDAKK!!!

  15. بن هباج سليم الجزائر mengatakan:

    .كل من يفكر في الاخرين يعتبر عمل إجباي و يستحق الشكر
    نتمنى له التوفيق و فتح مجلات اوسع و روئية إنسانية وجعل الخير يسير مدام انه يتكل على الله في الاخير
    نتمنى لكم التوفيق في عملكم الجبار

    بن هباج سليم الجزائر

  16. kasful mahdi mengatakan:

    kalau kita nggak salah pada Allah, GO salam sukses AA’

  17. Khaizuran Inas Al-Amin mengatakan:

    As wr wb

    Aa Gym tetaplah tegar mengadapi ujian dari Allah, karena ku yakin aa tidak salah yang salah adalah orang yang menyalakan dan kurang ilmu serta pemahaman agama. kamu telah sampaikan suatu tindakan yang benar, walau yang benar itu terasa pahit.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s