Bentuk dan Warna

Posted: 12 Desember 2007 in E-Learning, Teknologi Informasi

Dasar – dasar desain grafis | bagian Pertama
Ditulis dan disesuaikan untuk konsumsi Indonesia
oleh Idarmadi

Pendahuluan
Kesan pertama seorang pengunjung situs terbentuk pada 9 detik pertama. Jadi bagaimana caranya, dengan perhitungan waktu download, seorang designer dapat menarik perhatian dari pengunjung itu? Jawabannya adalah Design yang “Pantas”

“Pantas” berarti:

  • Koordinasi warna yang baik
  • tata letak ( lay-out ) yang bagus,
  • dan yang paling penting, download yang cepat.

Memang kita tinggal di Indonesia yang infrastruktur komunikasinya sangat terbatas, sampai sampai ada daerah yang line-telp-nya tidak bisa mengangkat modem, sehingga kalau bisa sekecil mungkin semakin bagus.

Tapi untuk negara maju seperti Amerika, dimana DSL dan Cable modem bukanlah hal yang aneh lagi, net-lag bukanlah tidak ada. Jadi sebuah halaman web dengan kode yang bersih dan ukuran yang sangat optimize adalah masih mutlak.

Dasar dari design yang “pantas” (kata “pantas” saya beri tanda kutip karena bersifat subjektif), adalah dengan membuat tata-letak dengan warna, bentuk, dan typografi yang saling mendukung. Kombinasi dari ke 3 elemen tersebut bisa membentuk sebuah design yang me-representasikan isi-nya, dan sesuai dengan target audience yang dituju.

Disadari atau tidak, seorang pengunjung akan merespon apa yang dia lihat (di tampilan monitornya) pada level psikologis. Seorang designer-grafis yang baik, haruslah bisa membuat dan meletakkan element element untuk menggoda, menyenangkan dan memuaskan para pengunjung. Dan tujuannnya tidak akan berhenti saja pada si pengunjung, tapi seorang pengunjung yang senang, kemungkinan besar, akan merespon terhadap ada yang menjadi tujuan dari situs anda. Tujuan yang mungkin hanya untuk informasi, atau untuk hiburan, atau mungkin untuk menjual barang dan jasa.

Cara yang paling sip untuk menarik perhatian seorang pengunjung adalah dengan penggunaan warna sebagai medium penerangan untuk situs dan informasi maupun produk yang dimilikinya.

Bentuk, sesuatu hal yang sering dilupakan, adalah juga sebuah element design yang cukup kuat untuk membentuk sebuah citra, dan mengekspresikan sebuah informasi.

Typografi (seni pengunaan jenis huruf) pada saat ini memiliki implementasi terbatas dalam design web, tetapi adalah element yang sangat penting dalam komunikasi dengan para pengunjung.

Artikel ini akan membahas warna, bentuk, dan huruf dari perspektif psikologi, dengan tujuan membantu Anda untuk menggunakan setiap element dengan optimal, sehingga ‘memuaskan’ pengunjung Anda..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s