Menggunakan Situs Jejaring Sosial Secara Bijak?

Posted: 23 Mei 2010 in Bebas
Tag:, , ,

Pernahkah anda mendengar Friendster, Twitter dan Facebook? Tentunya semua orang sudah memiliki Account di Friendster, Twitter maupun Facebook dan menggunakan dalam kehidupan sehari-hari. Situs Jejaring Sosial merupakan sarana para interneter untuk menjalin komunikasi dan informasi kepada semua orang di dunia maya (internet).Salah satu Situs Jejaring Sosial yang paling digemari adalah Facebook. Facebook pertama kali diluncurkan oleh Mark Zuckerberg sebagai media untuk saling mengenal bagi para mahasiswa Harvard pada tanggal 4 Februari 2004. Dari sejak peluncurannya, perkembangan Facebook sangat begitu pesatnya, sehingga membuat orang jadi penasaran ingin memiliki account facebook tidak terkecuali masyarakat Indonesia, yang sekarang jadi demam Facebookan.

Menggunakan Facebook dapat bermanfaat bagi kita seperti dengan Facebook kita dapat memperluas jaringan pertemanan, dengan Facebook kita mendapat teman-teman baru, Menemukan teman-teman lama kita yang lama terputus komunikasinya sehingga terjalin kembali tali silaturahmi, sebagai media promosi sebuah produk (marketing), media komunikasi dengan teman (khususnya teman-teman lama yang jauh di belahan bumi lain), untuk menyebarkan link (walaupun tidak terlalu efektif karena biasanya terlalu banyak friend akhirnya link tersebut tidak terlihat), info yang terupdate sangat cepat, terkuaknya misteri pembunuhan oleh polisi. Ini benar-benar terjadi di negara kita, yaitu kasusnya Pembunuh Maria Fransiska Hellen atau Elen (21) yang tewas di halaman parkir Gedung Pacific Place, Sudirman Central Business District (SCBD), Jakarta Selatan, sebagai sarana promosi gratis kepada teman-teman kita bagi yang mempunyai jiwa bisnis, cepat mendapatkan informasi terkini tentang teman kita, sebagai media refreshing, Meningkatkan angka penjualan, bagi anda yang memiliki bisnis atau usaha Facebook merupakan media promosi yang gratis dan sangat efektif bagi usaha Anda.

Di samping ada manfaatnya Facebook juga ada dampak negatifnya seperti menghabiskan waktu (apalagi jika dilakukan di saat jam belajar), menampilkan foto cowok dan cewek yg akan menimbulkan fitnah, komentar yang tidak terkontrol karena tidak bisa moderasi bisanya cuman delete tetapi komentar sudah terlanjur masuk ke email secara otomatis, komentar yang kemungkinan saling hina menghina, munculnya beberapa group atau page yangg menghina seseorang atau golongan, cukup menyita waktu karena membaca semua status friend yang sangat banyak, serta balas balasan komentar, membuang waktu dengan ikut-ikutan Quiz yang tidak valid dan asal-asalan. Contoh asal-asalan Quiz tersebut bahkan ada Quiz “Hantu apa yang paling dekat dengan anda ?”, Informasi/data pribadi Anda terancam, hati-hati dalam memasukkan data-data yang bersifat sangat pribadi karena bukan tidak mungkin akan dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, Awas kecanduan, karena kecanduan banyak orang yang akhirnya malahan addicted sama Facebook dan akhirnya urusan mereka menjadi terbengkalai,ada karyawan yang dipecat di swiss gara-gara mengakses facebook, terjadi pembunuhan, dan ini sudah 2 kali terjadi. Gara-gara sang istri merubah statusnya menjadi single yang menyebabkan sang suami menjadi cemburu, pacar menjadi cemburu karena melihat wall kita, waktu banyak terbuang percuma, kalo pengangguran gak masalah, siapa tahu dengan mengakses facebook dapat tawaran kerja, duit habis untuk biaya warnet atau pulsa terutama bagi mahasiswa tetapi lapor dengan orang tuanya habis untuk beli buku dan makan.

Untuk itu menghindari sisi negatif penggunaan Facebook ada beberapa saran yang perlu dilaksanakan seperti jangan menggunakan foto yang mengada-ada, delete apabila ada teman yang tag kita atau setting yang tidak begitu kenal, hindari komentar atau status yg tidak bermanfaat, add orang seperlunya, jangan saling hina menghina dalam komentar, jangan ikut-ikutan Say No To seseorang atau kelompok, perbuatan yang sia-sia, tidak akan mengubah keadaan tapi malah menambah dosa, batasi buka Facebook dan batasi lama waktu bukanya, jangan selalu login, hilangkan Bookmark Facebook di browser agar mempersulit aksesnya, jangan buka FB pada jam belajar dan bekerja.

Untuk itu marilah kita pelajari bagaimana cara menggunakan Facebook secara benar dan bijak. Pertama kita harus mengetahui apa sih etika nya menggunakan Facebok, hal-hal apa yang dapat kita diskusikan dan kita tulis dalam Facebook.Pelajari Facebook dari dasar-dasar hingga tingkat lanjut, dengan ilmu yang kita miliki, Facebook dapat digunakan untuk berbisnis sehingga dapat menghasilkan uang, disamping kita dapat memiliki teman yang banyak, uangpun mengalir ke rekening kita.

Buat para ABG janganlah mudah tergoda dengan teman di facebook, apalagi mengajak ketemuan di darat, karena kita tidak dapat memprediksi apa yang akan terjadi bila teman yang kita kenal itu berniat tidak baik. Seperti kejadian yang pernah terjadi ABG belasan tahun yang bertemunya dengan pacar kenalan di facebook yang akhirnya meninggalkan rumah berhari-hari, yang karena saking cintanya dengan pacarnya, akhirnya kehormatan ABG tersebut sebagai wanitapun terenggut juga. Disamping itu berhati-hatilah menulis di Facebook jangan sampai dapat menyinggung perasaan orang lain sesama pengguna Facebook. Jangan meng-upload foto orang lain tanpa seijin pemilik foto, walau seaman mungkin password yang kita buat, masih banyak para hacker yang pandai membobol dan memanfaat account Facebook orang lain.Pelajari undang-undang atau hukum tentang penggunaan IT secara benar, semoga kita dapat mengontrol penggunaan Facebook kita. Jadi setelah kita laksanakan semua itu, kita dapat berfacebook ria dengan rasa aman dan tenang tanpa rasa khawatir dituntut secara hukum sepanjang kita menggunakan Facebook secara bijak.( fibri)

Jimbaran, 27 Desember 2009

<script src=”http://kumpulblogger.com/dam.php?b=117317&#8243; type=”text/javascript”>
</script>

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s