Bukan Sekedar Tukang Ketik Biasa

Posted: 19 Oktober 2012 in Bebas

Mengetik? 
Semua orang hampir dipastikan bisa mengetik, atau mengenal kata mengetik. Mengetik merupakan sebuah pekerjaan menyalin dari sebuah atau beberapa konsep ke dalam kertas dalam bentukan cetakan huruf yang standar baik menggunakan mesin ketik ataupun dengan menggunakan komputer.
Setiap orang pasti membutuhkan ketikan apabila ingin membuat paper, karya tulis, brosur, selebaran, naskah pidato dan lain-lain sebagainya.
Mengetik merupakan sebuah pekerjaan yang dilakukan sehari-hari dan ditekuni, tanpa ditekuni pekerjaan tersebut akan membutuhkan waktu yang lama dalam penyelesaiannya. Jadi mengetik perlu latihan agar tangan-tangan lemas dan lebih cepat bergerak dalam mengetikkan sejumlah huruf dan angka.
Pekerjaan mengetik terkadang terlihat membosankan dan juga dipandang sebelah mata oleh segelintir orang. Orang-orang demikian itu bukanlah contoh orang yang perlu diteladani, karena mereka hanya bisa berteori,coba diketik sendiri apakah bisa cepat menyelesaikan seperti yang mereka inginkan?
Mengetik merupakan kerjaan yang rutin dilakukan oleh staf-staf administrasi perkantoran baik negeri atau swasta, penulis atau wartawan.
Jadi jangan dipandang sebelah mata, karena dengan beberapa tulisan bisa diwujudkan dalam bentuk sebuah buku dan bisa dijual sehingga menghasilkan rupiah. Tulisan atau ketikan bisa membuat orang terjatuh dari kursi jabatannya, karena laporan kasus korupsi. Pimpinan perusahaan akan kelimpungan dalam memimpin rapat bila tidak mempersiapkan dirinya dengan sejumlah laporan-laporan dari bawahannya yang semua berasal dari ketikan tukang ketik. Para pimpinan negara dan pejabat negara semua memerlukan naskah yang semua diketik oleh tukang ketik. Oh..betapa besarnya jasa para pengetik naskah-naskah penting tersebut. Namun nama mereka tidak pernah terdengar dan hanya berada di balik layar.
Melihat pengalaman dari mengetik, penulis sebenarnya tidak bisa mengetik. Semua ketikan dikerjakan secara sederhana di komputer, tidak menggunakan 10 jari. Dan akan lebih baik jika para tukang ketik mengerti Teknik Mengetik 10 Jari, karena akan menambah kecepatan di dalam mengetik. Buat para tukang ketik yang mengetik hanya dengan beberapa jari saja jangan bersedih, ada cara melatih kecepatan mengetik yaitu dengan melatih kemampuan mengetik dengan membuat macam-macam tulisan, ikut berpartisipasi dalam diskusi di jaringan social baik facebook ataupun twitter. Dan bagi yang mempunyai Account Yahoo Messenger apabila punya teman banyak cobalah berkomunikasi dengan beberapa teman, nanti disini kita akan terlatih secara cepat untuk menjawab dan mengomentari percakapan dari teman-teman kita.
Dari latihan tersebut diatas kita secara tidak langsung belajar menulis di samping belajar kecepatan mengetik. Namun jangan sampai disalahgunakan ilmu-ilmu yang kita peroleh baik secara langsung ataupun tidak langsung ini dari dunia teknologi informasi. Semoga ke depan para tukang ketik bukan sekedar tukang ketik biasa tetapi menjadi tukang ketik yang luar biasa.
Jimbaran, Bali, 23 Juni 2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s