Galilah Potensi Diri Anda

Posted: 19 Oktober 2012 in Bebas

Sekolah merupakan pusat pendidikan dan ilmu, banyak siswa yang telah belajar di lingkungan sekolah. Di sekolah para siswa banyak menimba ilmu dan ketrampilan. Siswa yang memiliki kemampuan lebih dapat mengaplikasikan ilmu dan ketrampilannya yang di peroleh di sekolah sehingga dapat diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari atau di dunia kerja. Namun sekian banyak siswa yang belajar, masih banyak siswa yang belum memahami potensi diri yang dimilikinya, sehingga para siswa tersebut memahami kemana arah tujuan setelah ia tamat belajar dari sekolah.
Potensi diri merupakan kemampuan, kekuatan, baik yang belum terwujud maupun yang telah terwujud, yang dimiliki seseorang, tetapi belum sepenuhnya terlihat atau dipergunakan secara maksimal. ( http://id.wikipedia.org/)
Setiap orang memiliki potensi dirinya masing-masing, potensi diri tidak selalu berpatokan terhadap jurusan yang diambil di sekolahnya, tetapi juga bisa bidang lain yang dikuasai dan apabila potensi dirinya lebih mengarah pada jurusan yang diambil di sekolah akan lebih baik dan lebih terasah.
Maka galilah potensi diri yang ada pada dirimu, misalnya potensi diri misalnya suka menganalisa hitungan matematika, komputer, ketrampilan menulis, berbicara di depan orang banyak, berorganisasi dan lain-lainnya yang tidak dapat disebutkan secara satu persatu.
Untuk menggali potensi diri, yang perlu diketahui adalah :
B    – Bakat dan minat
Dengan mengetahui bakat dan minat yang dituju akan memberikan semangat apa yang hendak kita kerjakan dan kita tekuni.
– Inovasi
Mencoba hal-hal yang baru yaitu dengan banyak bergaul dan bergabung dalam komunitas orang-orang yang berilmu dan mencoba bertukar pikiran dengan teman-teman yang pandai, akan dapat mengukur kemampuan kita, sejauh mana potensi-potensi yang ada pada diri kita dan mana yang belum tereksplore.Bila sudah tereksplore maka itulah potensi yang kamu miliki.
   – Banyak membaca
     melihat  dan  merasakan, bahwa begitu banyak ilmu dan informasi yang kita dapatkan dan kita pahami, dari sinilah kita dapat mengetahui sejauh mana potensi diri kita dapat menyerap ilmu sehingga dapat menambah pengetahuan anda.
Potensi diri kamu akan muncul dengan sendirinya jika kamu rajin untuk mengembangkan diri, banyak usaha dan doa. Untuk itu janganlah kamu merasa minder jika ingin mengembangkan potensi diri.
Dengan potensi diri yang dimiliki akan mendorong keberhasilan dalam studi atau pekerjaan, karena kita dapat mengukur kemampuan yang kita miliki, apa kekurangan dan kelebihan yang ada pada diri kita. Untuk itu semangat dan semangatlah untuk maju, jadikan kekuranganmu sebagai kelebihanmu dan jangan merasa sombong kalau sudah bisa menerapkan potensi dirimu.Insya Allah kamu bisa.
Jimbaran, Bali, 11 Juli 2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s