Inspirasi Menulis Tidak Datang Sendiri, Tetapi Digali dari Pengalaman

Posted: 19 Oktober 2012 in Bebas

Apa yang akan kutulis? 
Judul dan temanya apa?
dari mana mulai menulis?
Mungkin semua orang pernah terpikir ketika hendak menulis, ide dan inspirasi belum ada.
Menulis merupakan pekerjaan yang gampang-gampang susah, gampang dapat dilakukan oleh semua orang apabila ditekuni secara serius dan susahnya bila saat menulis inspirasi tidak datang di dalam pikiran kita.
Inspirasi Menulis tidak datang dengan sendirinya, namun harus digali dari berbagai macam pengalaman dari penulis atau dari teman-teman kita. Namun kok hanya sedikit saja bila dituangkan dalam tulisan?
Untuk itu kita lebih banyak memanfaatkan waktu luang kita dengan berjalan-jalan ke luar rumah seperti pergi ke toko buku, mengikuti acara bedah buku, pergi ke perpustakaan dan banyak membaca berbagai referensi sehingga sedikit demi sedikit akan terekam di dalam pikiran kita. Pergi berwisata ke tempat obyek-obyek wisata yang menarik, disamping dapat menikmati pemandangan alam yang indah dapat juga dijadikan inspirasi untuk menulis.
Dengan banyak pergi dan mencari bahan-bahan untuk kegiatan menulis akan membawa manfaat bagi penulis untuk dapat menyajikan tulisan yang sesuai dengan fakta-fakta yang ada. Jika dibandingkan mencari inspirasi dengan hanya duduk bengong, melamun dan duduk depan laptop berpikir secara keras untuk mendapatkan ide-ide menulis, akan terasa begitu membosankan dan menghasilkan tulisan yang kurang baik karena sedikitnya wawasan yang ada, terkecuali sebelumnya sudah pernah memiliki pengalaman-pengalaman yang pernah dimiliki sehingga dapat dihasilkan tulisan yang lebih baik.
Jadi inspirasi itu lebih banyak dihasilkan dari berbagai macam pengalaman dan lebih sedikit dari kegiatan yang banyak berpikir dan melamun .Untuk itu lebih bersemangatlah di dalam menulis dengan banyak membaca tulisan-tulisan dari berbagai macam penulis baik yang ada di internet melalui blog-blog atau website, aktif dalam milis maupun jarinan social yang berhubungan dengan kegiatan menulis sehingga sedikit demi sedikit kemampuan menulis akan menjadi terasah dan dapat menghasilkan karya tulisan yang lebih baik dan berkualitas. Selamat Menulis dan Berkarya!
Jimbaran, Bali, 07 Juli 2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s