Mau Pelit atau Bersedekah?

Posted: 19 Oktober 2012 in Bebas

Pelit atau Kikir merupakan suatu sikap yang dimiliki manusia, dimana manusia tersebut memiliki sesuatu baik harta maupun ilmu, tetapi hanya digunakan untuk kepentingan diri sendiri dan tidak pernah dibagi kepada orang lain
Orang pelit cenderung memperkayai diri sendiri dan menguasai suatu ilmu tanpa pernah mempedulikan orang lain. Orang seperti ini lebih banyak menggunakan perhitungan untung dan ruginya dalam melakukan sebuah tindakan.
Orang yang pelit akan menyempitkan jiwanya, sifat tersebut akan menyia-nyiakan dan menyengsarakan jiwa. Karena di hati orang pelit akan selalu merasa sempit, ia ingin selalu berkuasa dan harus menjadi nomor satu dan selalu menang sendiri.
Bagaimanakah dengan orang Dermawan? Apakah orang Dermawan harus orang kaya?

Orang Dermawan adalah orang yang suka mendermakan sebagian hartanya kepada kaum miskin ataupun kepada orang-orang yang membutuhkan, mereka adalah orang-orang selalu diberikan kelapangan jiwanya oleh Allah SWT.

Setiap orang bisa menjadi dermawan, jika di dalam hatinya sudah tertanam sikap berbagi terhadap sesama. Jadi tidak perlu kaya atau miskin, semuanya bisa. Tidak bisa sedekah dengan harta, sedekahlah dengan ilmu dan kemampuanmu.Karena bersedekah akan membawa pahala yang berlipat-lipat dari Allah SWT,
Orang memiliki kelapangan jiwa akan selalu tergugah hatinya jika melihat banyak saudara-saudara kita yang masih berada di garis kemiskinan. Hati selalu tergerak untuk selalu bersedekah dan bersedekah.
Menghilangkan sifat pelit dalam diri kita merupakan pekerjaan yang sangat sulit, jika tidak dilandasi oleh niat hati yang ikhlas. Untuk itu belajarlah banyak ilmu terutama ilmu ikhlas dan sedekah. Semoga dengan banyak belajar dan mencoba menerapkan dalam kehidupan sehari-hari dan menjadikan sedekah sebagai bagian dari hidup kita, karena dengan bersedekah akan menjadikan kita sebagai orang yang kaya baik kaya secara material ataupun secara spriritual, semoga dengan sedekah juga dapat mengikis sedikit demi sedikit sifat pelit yang ada dalam diri kita. Untuk itu marilah kita jadikan hidup kita gemar bersedekah dan itu semua harus dilakukan ikhlas karena Allah SWT.
Jimbaran, Bali, 18 Juni 2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s