Seberapa Pedulikah Anda Terhadap Anak Jalanan?

Posted: 19 Oktober 2012 in Bebas

Pernahkah anda melihat anak-anak jalanan yang banyak bersliweran di seputaran lampu lalu lintas di sekitar tempat anda yang bekerja sebagai peminta-minta? seorang anak kecil yang mengais-ngais sampah untuk mencari sesuap nasi. Ada juga yang lebih beruntung anak-anak yang memungut gelas-gelas bekas minuman mineral yang kemudian dikumpulkan sedikit demi sedikit hingga menjadi satu sampai dua karung, itu dijual paling tinggi sekitar 5-7 ribu rupiah jika beruntung. Dan banyak juga anak-anak jalanan yang kurang beruntung, mereka banyak terjerumus dengan narkoba dan juga terlibat dalam kejahatan.
Anak-anak jalanan yang masih dalam usia sekolah sejak pagi hingga sore hari selalu menghiasi jalan-jalan di perkotaan, hingga menjadikan pemandangan yang tidak sedap dan mengganggu keindahan kota. Namun apakah mereka menginginkan pekerjaan tersebut? Dan kita berpikir mungkin orang tuanya yang menyuruh anaknya ikut bekerja, namun tidak semua karena suruhan dari orang tuanya tapi keinginan sendiri karena melihat kondisi orang tuanya yang hidup dalam kondisi yang serba kekurangan.
Mungkin secara hati nurani, anak-anak tersebut ingin menimba ilmunya di bangku di sekolah dan bisa bermain dengan teman-teman yang sebayanya. Namun karena berbagai faktor baik masalah perekonomian ataupun masalah keluargalah mereka terbawa menjadi anak jalanan.
Tidak terpikirkah oleh anda betapa malangnya nasib mereka anak-anak jalanan tanpa bisa mengenyam pendidikan, ini merupakan asset yang sangat besar dan berharga bagi bangsa kita kalau dapat dibina dan dididik secara benar dan berkualitas.
Untuk itu marilah kita mulai memikirkan nasib mereka, bagi orang-orang yang memiliki modal cukup sedekahkanlah sebagian hartamu untuk membiayai pendidikan mereka agar anak-anak jalanan ini dapat mengenyam pendidikan dan dapat memperoleh ketrampilan sebagai bekal hidupnya. Dan bagi orang-orang yang sedikit atau kurang dalam ekonomi dapat membantu anak-anak dalam memberikan ilmu-ilmu kita yang bermanfaat kepada mereka. Sehingga tidak alasan bagi kita untuk tidak membantunya, bukankah dengan sedekah harta atau sedekah ilmu akan melipatgandakan pahala kita, syukur-syukur juga akan menambah kekayaan kita baik secara materi maupun kekayaan hati secara spiritual. Jadilah orang-orang yang peduli terhadap anak-anak jalanan.
Jimbaran, Bali, 29 Juni 2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s