Etika Menulis dalam Situs Jejaring Sosial

Posted: 1 Desember 2012 in Bebas

Sejak mengenal internet pertama kalinya pada kurun waktu tahun 1999-2000, saya mulai mengenal berbagai macam informasi yang tersaji melalui berbagai macam laman baik swasta ataupun pemerintah. Saya pun mengenal situs jejaring social pertama kali melalui chating di MIRC,Yahoo Messenger dan Friendster.Dan situs jejaring Sosial yang paling popular digunakan di Indonesiaadalah Facebook dan Twitter. Pengguna facebook dan twitter di Indonesia tergolong sangat banyak, karena sekarang untuk koneksi ke facebook dan twitter dapat diakses melalui smartphone ataupun tablet. Sehingga setiap detik orang-orang dapat berinteraksi dengan teman-teman secara online melalui facebook dan twitter, kapan saja dan dimana saja.
Setelah mendalami apa itu facebook maupun twitter dan apa manfaatnya bagi kita semua dapat ditemui bahwa facebook dan twitter dapat bermanfaat dengan menggunakannya sebagai ajang diskusi dan berbagi ilmu melalui update status yang dibuat teman-teman kita. Dan tidak jarang kira menemukan update status yang sangat tidak bermanfaat seperti mengupdate status dengan kata-kata dan bahasa yang kasar, mengupload foto secara berlebihan dan tidak layak untuk ditampilkan di facebook maupun twitter.
Menulis update status di facebook ataupun ngetweet di twitter adalah gampang-gampang susah.Gampangnya sekali kita kirim, akan segera tershare baik di facebook ataupun twitter.Susahnya adalah membuat status yang dapat membuat orang yang membaca dapat memperoleh manfaat dari tulisan update status yang dibuat dan tidak hanya sekedar nge-LIKE saja, karena tulisan update status mewakili sifat dan karakter dari penulis update status, update status mencerminkan apa yang dipikirkan dari penulis update status dan ketika menulis update status kita akan melihat di dalam kotak update status tulisan What’s on your mind (apa yang ada dalam pikiran anda)
Untuk itu maka diperlukan etika di dalam menulis update status, dimana para facebookers sebaiknya adalah :
  1. Di dalam penulisan update status hendaknya menggunakan huruf kecil, karena huruf besar atau capital mencerminkan bahwa si penulis sedang marah.
  2. Gunakan simbol-simbol yang ada secara bijak
  3. Tulislah update statusmu dengan kata-kata dan kalimat yang sopan, hindari kata-kata kasar dan caci makian sehingga membuat para facebooker merasa nyaman untuk membacanya.
  4. Jangan terlalu sering mengupdate status rutinitas yang dilakukan oleh setiap orang, sehingga membuat orang merasa bosan dan terbuang waktunya dari membaca update status yang gak penting seperti mau mandi, kebelet dan lain-lain yang sepantasnya tidak untuk dishare ke semua orang yang ada di facebook.
  5. Jangan mengupload foto-foto yang tidak senonoh dan tidak sedap dipandang mata, karena melanggar undang-undang.
  6. Menggunakan bahasa yang enak dibaca dan dimengerti oleh semua orang dan terkesan menggurui di dalam berbagi pengalaman.
  7. Bersikap adil yang, kita membuat update status dengan mengharap dapat komentar dari teman-teman kita, tetapi kita sendiri tidak pernah mengomentari status milik teman-teman kita.
  8. Memilih teman yang baik di dalam facebook ataupun twitter, sehingga dapat memperoleh status yang baik.
  9. Meremove atau memblokir teman-teman yang kita pandang update statusnya membuat kamu tidak menyukainya..
  10. Janganlah menshare tulisan update status yang bersifat pribadi melalu menu Timeline ataupun News Feed kita, sebaiknya yang bersifat pribadi dapat melalui fasilitas charing ataupun inbox.
  11. Jangan membuat update status yang dapat menyinggung orang lain atau pencemaran nama baik.
Dengan menggunakan etika di dalam menulis update status,akan membuat para facebooker enak membacanya dan tidak ada yang merasa tersinggung.
Untuk itu gunakan secara bijak media facebook ataupun twitter sebagai sarana untuk belajar, berdiskusi,berbagi ilmu dan informasi, sehingga tidak sia-sialah waktumu untuk berupdate status ria, karena mendapat manfaat dari teman-teman facebookers. Selamat update status di Facebook dan nge-Twit di Twiter. ( fibri)
Jimbaran, 24 November 2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s