Berkreasi dengan Papercraft Model

Posted: 28 Desember 2012 in Bebas

foto : dokumen pribadi
Sejak mengenal internet, banyak berbagai informasi menarik yang saya dapatkan. Baik berupa berita, buku-buku ataupun software. Dan dari penelusuran lewat Mbah Google, saya tertarik dengan Papercraft Model, karena unik dan menarik.Lalu mulailah saya banyak mempelajari berbagai macam bentuk Papercraft Model.
Apa itu Paperdraft Model?
Papercraft adalah seni membuat model/figure yang biasanya terbuat dari lembaran kertas tebal atau karton yang mana Model/Figure itu terbuat dari sebuah pola yang nantinya akan dipotong, dilipat dan dilem sehingga membentuk sebuah figure
Dimanakah kita dapat memperoleh Pola Papercraft Model dan cara membuatnya?
Pola atau design papercraft dapat diperoleh lewat penelusuran pada Mbah Google, disana kita akan memperoleh banyak pola design paperkraft dari berbagai situs paperkraft. Dari situ kita dapat mengunduhnya dan mencetak ke dalam kertas foto paper glossy atau kertas tebal lainnya.Setelah kita cetak lalu kita potong-potong sesuai dengan polanya. Pola-pola yang terpotong lalu kita rekatkan dengan lem hingga terbentuk suatu model yang kita inginkan.
Apa manfaat membuat Papercraft Model?
  1. Melatih kita untuk lebih teliti dan rapi di dalam memotong dan menempel potongan design hingga membentuk suatu model paperkraft.
  2. Melatih kesabaran, membuat paperkraft adalah gampang-gampang susah, ada yang mudah dibuat dan ada yang sulit dan banyak contoh design pola paperkraft tidak menyertai cara pembuatannya, jadi membuat kita lebih banyak berpikir untuk menyelesaikan bentuk model papercraft tersebut.
  3. Menciptakan peluang bisnis dimana dari bentuk papercraft ini dapat kita jual dengan harga lebih tinggi karena bentuknya yang sangat unik.
Jenis-jenis Paperkraf Model
1.      Paperkraft Avatar sebagai produk akhirnya adalah wajah manusia yang diambil dari foto dan kemudian dipadukan dengan bentuk badan yang dipilih, bisa dalam bentuk badan biasa atau dengan bentuk badan lainnya.
2.      Paperkraft Toys, merupakan paperkraft dengan bentuk wajah lucu-lucu, dengan wajah dan badan yang sudah distyling tidak sama dengan bentuk manusa karena bentuknya kemudian dalam bentuk wujud persegi.. Contohnya paperkraft model danbo
3.      Papercraft Replika, papercraft yang mengambil bentuk-bentuk obyek asli namun dengan skala yang diperkecil seperti misalnya bentuk kapal, pesawat, bus, bangunan dan lain sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s