Kenali Kanker Payudara Melalui Smartphone

Posted: 24 Mei 2013 in Bebas

Hari Jumat, 22 Maret 2013 bertempat di Café Aviary , Seminyak Square yang berlokasi di Jalan Kayu Aya, Seminyak Kuta merupakan kesempatan yang sangat ditunggu-tunggu oleh Para Kompasianer dan Blogger Kompasiana khususnya berdomisili di Bali untuk berkumpul dan saling share pengetahuan pada Acara Kompasiana Nangkring di Bali bertemakan Spot It Your Self yang disertai dengan presentasi mengenai pengenalan Kanker Payudara melalui inovasi dan teknologi diselenggarakan Kompasiana bekerjasama dengan Philips.
Kompasiana Nangkring di Bali di buka dengan perkenalan dari Disya Ardhiwinata, pembawa acara Kompasiana dan disertai kejutan hadiah dari Philips. Kemudian acara dibuka dengan pemutaran video seputar kanker payudara dan testimony dari Kathryn Bruce dari Australia yang pernah menderita kanker payudara, menceritakan pengalamannya dalam menghadapi penyakit Kanker.Beliau yang tinggal di Jakarta dan Bali selama 20 tahun lebih, memperkenalkan Bali Pink Ribbon Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang fokus melakukan kampanye kanker payudara di Bali.
Talkshow Spot It Yourself  (dokumen : pribadi)

Berikutnya dilanjutkan dengan Talk Show yang bertema Spot It Your Self dibawakan oleh tiga orang pembicara yaitu Pembicara pertama dr.I Ketut Widiana, Dokter dari Yayasan Kanker Indonesia yang memberikan pemahaman mengenai Kanker Payudara, Pembicara Kedua Ibu Cathrine Siswoyo dari Philips Indonesia dan Pembicara Ketiga Bapak Aswindaru Rineggo dari Philips Healthcare dengan dipandu oleh Iskandar Zulkarnaen dari Kompasiana.
Acara Talk Show mengenai pemahaman tentang penyakit Kanker diawali dengan presentasi oleh dr.I Ketut Widiana, dimana beliau menyajikan pengenalan penyakit kanker, gejala-gejalanya.
Setelah itu Ibu Cathrine Siswoyo menyampaikan secara garis besar profil dari perusahaan Philips yang mana pada masa yang lalu produk Philips hanya di kenal dengan produk lampu dan alat-alat elektronika, namun seiring dengan perjalanan waktu program-program yang dijalankan oleh Philips saat ini yang kemudian diperkenalkan dengan Spot It Your Self.
Apakah Spot It Yourself ?
Spot It Yourself merupakan sebuah aplikasi mobile yang menyajikan informasi pengenalan sejak dini penyakit Kanker Payudara yang disajikan secara lengkap dan pengguna dapat berinteraksi secara langsung dengan dokter-dokter dari Yayasan Kanker Indonesia, dan para penggunanya dapat mendownloadnya secara gratis melalui Google Play Store untuk smartphone/android/blackberry dan melalui http://m.spotityourself.com/ untuk versi webnya, penjelasan penggunaan aplikasi Spot It Yourself dibawakan oleh Bapak Aswindaru Rineggo.
Aplikasi Mobile Spot It Yourself diluncurkan pada akhir 2011 merupakan perwujudan dari sebuah ide yang berasal dari pengalaman pribadi, Rina Susanti, pemenang The ‘+’ Project dari kategori Access to Healthcare.

App Screenshot Aplikasi Spot It Yourself (sumber : play.google.com/store)


Dengan adanya Aplikasi Spot It Yourself, diharapkan dapat membantu masyarakat meningkatkan kesadaran akan pentingnya deteksi dini dan sebuah informasi yang interaktif dan dapat dipercaya dan diandalkan mengenai kanker payudara dengan satu klik melalui smartphone, ataupun Personal Computer, setiap orang bisa melakukan deteksi diri secara dini dan memahami ancaman kanker payudara. Dengan mengakses aplikasi mobile Spot It Yourlife, yang terdiri dari beberapa menu yaitu :
menu Info yang berisi informasi mengenai pengertian Kanker Payudara, gejala-gejala, siapa saja yang terkena resiko dan cara mendeteksinya.
Menu SADARI ( Periksa Payudara Sendiri) yang berisi cara mendeteksi kanker payudara melalui pemeriksaan payudara sendiri.
Menu Konsultasi, yang berisi dokter anda, daftar lokasi rumah sakit yang menangani kanker.forum tanya jawab dokter, tahapan pemeriksaan medis dan peralatan medis dari Philips. Kita dapat mengajukan pertanyaan seputar kanker payudara, yang akan diproses dan dijawab dalam waktu 2×24 jam.
Menu Berita, berisi berita terkini seputar Kanker Payudara
Menu Komunitas yang berisi komunitas para pejuang penderita Kanker Payudara, Tempat Berbagi Cerita, dan Video Survivor
Menu Philips berisi The ‘+’ Project, Philips Woman Health Care dan Produk dan Solusi
Acara Talk Show juga disertai dengan tanya jawab dengan Nara Sumber dan banyak pertanyaan seputar kanker payudara dari para Kompasianer. Dan Acara Talks Show diakhiri dengan Makan Malam Bersama Kompasianer Nangkring di Bali di Café Aviary.
Kemudian Kompasiana Nangkring di Bali ditutup dengan Pengumuman Pemenang Lomba Live Tweet Spot It Yourself, dan Quiz yang disertai pembagian hadiah dari Philips. Sebelum berpisah para peserta undangan dan pembicara mengadakan foto bersama antara Narasumber dengan para Kompasianer.
Acara Nangkring bersama di Bali memberikan pengalaman dan ilmu pengetahuan kepada para kompasianer dan blogger mengenai Kanker Payudara dan pengenalan cara mendapatkan informasi melalui teknologi yang dikenal dengan Spot It Your Self. Untuk itu marilah kita cegah bahaya penyakit Kanker Payudara sejak dini dengan memperoleh informasi yang akurat dan terpercaya.
Fibri Aryanto,A.Md

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s