Sembuhkan Paru-Paru Dunia Yang Sakit

Posted: 25 Mei 2013 in Bebas

Indonesia merupakan wilayah tropis yang banyak ditumbuhi oleh hutan. Dan hutan di Indonesia menjadi sangat penting bagi kehidupan dunia, karena merupakan paru-paru dunia. Karena hutan di Indonesia sebagai penghasil oksigen terbesar bagi negara-negara berkembang dan negara maju lainnya.
Hutan yang ditumbuhi banyak pepohonan yang hijau memberikan suasana sejuk dan banyak keindahan bagi manusia yang bisa mengelola hutan secara bijak.
Namun perkembangan yang terjadi justru sebaliknya, kawasan hutan mulai banyak ditebang dan dilakukan perambahan hutan, sehingga fungsi hutan berubah menjadi kawasan perkebunan atau pertanian. Dahulu banyak tanaman keras yang ditanam dengan kayu yang berusia ratusan tahun dan membuat teduh dan udara menjadi bersih karena penyaringan CO2 oleh tanaman hutan, namun sejak rusaknya hutan yang berubah fungsi menjadi lahan pertanian, perkebunan, dan juga pembangunan kawasan perumahan, sehingga kemampuan menyerap air menjadi berkurang sehingga di beberapa tempat sering terjadi bencana banjir maupun tanah longsor.
Banyaknya penggundulan hutan yang terjadi di mana-mana mengakibatkan terjadinya pemanasan global yang berarti meningkatnya suhu rata-rata atmosfer,laut dan daratan.
Dan pada saat musim hujan, terjadilah bencana banjir bandang yang tidak diharapkan, karena hutan tidak mampu lagi menyerap air, sehingga air mengalir hingga menggenangi pemukiman penduduk. Dan yang dirugikan adalah manusia.
Oleh karena kondisi hutan yang sangat memprihatinkan ini berarti hutan sebagai paru-paru dunia menjadi sakit dan tidak berfungsi dengan baik.Marilah pemerintah bersama masyarakat saling bahu membahu untuk menyembuhkan hutan Indonesia dari sakit yang berkepanjangan ini. Dengan melaksanakan berbagai program penghijauan, dimana satu pohon yang diambil manfaatnya harus segera digantikan dengan 1000 atau 1 milyar pohon pengganti, sehingga hutan tidak menjadi gundul dan gersang.
Dan penggantian pohon-pohon di hutan yang telah ditebang belum sepenuhnya dapat terpenuhi dengan penghijauan, karena pohon-pohon yang ditanam memerlukan waktu yang lama untuk tumbuh menjadi besar.Jadi penghijauan harus terus dilakukan setiap saat dan tanaman beserta pohon-pohon di hutan wajib dijaga kelestariannya.
Untuk itu marilah kita tumbuhkan kesadaran diri kita untuk dapat berperan aktif di dalam menjaga kelestarian hutan kita, hutan Indonesia. Dan pelaksanaan penghijauan hutan dimulai dari keluarga sebagai masyarakat terkecil ikut berpartisipasi dengan menanam tanaman di lingkungan kebun sekitar rumahnya dan dengan bersatunya seluruh anggota keluarga satu dengan yang lainnya dapat menciptakan suasana yang hijau dan sejuk melalui gerakan penghijauan. Dan buat pemerintah Indonesia, kurangilah ijin penebangan hutan dan lebih banyak melakukan gerakan penghijauan kembali lahan-lahan yang gundul, sehingga tercipta hutan yang indah, bersih dan dapat berfungsi kembali sebagai paru-paru dunia yang sehat.
Kuta Selatan,05 April 2013
Fibri Aryanto

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s