SNMPTN 2013 Awal Proses Tentukan Cita-cita

Posted: 25 Mei 2013 in Bebas

Tahun Pelajaran 2012/2013 sebentar lagi akan berakhir,ini ditandai dengan pelaksanaan Ujian Sekolah dan Ujian Nasional yang tengah berlangsung. Dalam perjalanan menjelang selesainya studi anak-anak kelas XII yang sebentar lagi akan meninggalkan jenjang pendidikan menengah atas dan siap melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi, dari pemerintah telah membuka pendaftaran SNMPTN dan beberapa perguruan tinggi negeri melaksanakan SBMPTN , UMPTN untuk Politeknik dan Ujian Lokal lainnya.
SNMPTN2013 merupakan SNMPTN yang begitu sangat berat seleksinya karena diikuti ribuan siswa dari seluruh Indonesia. Di mana anak-anak kelas XII memiliki kesempatan yang sama untuk ikut seleksi SNMPTN 2013, berbeda dengan SNMPTN 2012 yang bisa diikuti hanya 50 persen dari jumlah siswa di kelas dan lebih diutamakan yang memiliki prestasi akademik ranking 1-10. Persamaannya seleksi melalui raport. Kalau SNMPTN 2012 seleksi raport melalui nilai-nilai yang di Ujian Nasionalkan, kalau SNMPTN 2013 melalui semua nilai yang tercantum pada semester 1 hingga semester 5.
SNMPTN 2013 hanya bisa diikuti oleh siswa-siswa kelas XII yang akan lulus sebagai angkatan 2013. Jadi untuk angkatan 2011,2012 tidak bisa mengikuti SNMPTN 2013. Mereka semua untuk alumni angkatan 2011 dan 2012 hanya bisa mengikuti seleksi melalui jalur SBMPTN 2013.
Proses pendaftaran SNMPTN memerlukan waktu yang sangat panjang,dimana proses awalnya adalah sekolah mendaftarkan diri pada laman SNMPTN, memasukkan nilai seluruh siswa kelas XII dari semester 1 sampai 5 ke Web Pangkalan Data Siswa dan Sekolah atau yang lebih dikenal dengan PDSS. Setelah semua nilai siswa lengkap dimasukkan dalam PDSS sesuai kelas dan semester nya masing-masing, pihak sekolah memverifikasi nilai raport dan mengunduh password akses SNMPTN yang akan diberikan pada siswa.
Siswa setelah menerima Password SNMPTN yang hendak login awal, tidak dapat masuk ke dalam akun masing-masing siswa, mereka harus mengganti password yang diberikan sekolah dengan password baru yang mereka buat. Dengan password baru, siswa memverifikasi nilai dan bisa mendaftar SNMPTN sesuai dengan pilihan masing-masing.
Disini proses pendaftaranpun belum selesai, karena siswa harus menunggu rekomendasi dari pihak sekolah. Setelah beberapa waktu menunggu waktu jadwal rekomendasi dari sekolah,akhirnya sekolah mengecek Daftar Siswa yang telah mendaftar ke SNMPTN 2013, berapa siswa yang sudah finalisasi dan belum direkomendasikan dan berapa siswa yang sudah daftar tapi belum melakukan finalisasi. Finalisasi artinya menyetujui data yang dibuat tidak dapat diubah lagi, jadi merupakan data terakhir yang valid. Jadi sekolah dapat merekomendasikan siswa yang telah melakukan finalisasi data pendaftarannya.Dari hasil rekomendasi, siswa dapat mencetak Kartu Pendaftaran sebagai bukti pendaftaran SNMPTN.
Dengan terbitnya Kartu Pendaftaran SNMPTN 2013, siswa tinggal menunggu hasil seleksi dari Panitia SNMPTN 2013 melalui Perguruan Tinggi yang dipilihnya, siswa yang dinyatakan lulus SNMPTN 2013 harus lulus juga di dalam menghadapi Ujian Nasional 2013 sehingga siswa dapat meneruskan cita-citanya meneruskan pendidikan ke Perguruan Tinggi sesuai pilihannya.
Jimbaran,20 Februari 2013
Fibri Aryanto,A.Md

 

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s