Menggunakan Gadget secara Bijaksana

Posted: 10 April 2014 in Bebas

Dunia pendidikan kembali dibuat terguncang dengan beredarnya video mesum anak-anak SMP di sebuah SMP di Jakarta, setelah selama ini diguncang dengan tawuran pelajar. Video mesum ini dilakukan oleh anak-anak SMP yang disaksikan oleh teman-teman sekelasnya.Hal ini benar-benar mencoreng nama sekolah sebagai lembaga pendidikan.
Perkembangan teknologi yang berkembang kian pesat dengan banyaknya bermunculan berbagai macam gadget baik dari harga yang murah hingga harga yang mahal.Di mana salah satu gadget yaitu smartphone digunakan para siswa SMP untuk merekam adegan yang belum layak mereka lakukan.
Dari kejadian tersebut banyak pihak disalahkan, diantaranya sekolah sebagai pemilik fasilitas tempat kejadian perkara, sekolah tidak dapat mengawasi kejadian yang terjadi di area sekolahnya dan tidak adanya petugas jaga /guru piket yang keliling sekolah mengecek kondisi ruang sekolah pada saat kejadian itu berlangsung.
Pihak pelaku video mesum juga disalahkan, karena melakukan perbuatan asusila di kelas dan belum waktunya. Walau pengakuan mereka dipaksa oleh teman-temannya untuk melakukannya. Mereka dinyatakan bersalah karena tidak menolak dan melapor ke pihak sekolah. Dan yang paling sangat bersalah teman-temannya yang menonton dan merekam adegan tersebut ke dalam hp dan menyebarkannya secara luas.
Dengan kejadian tersebut, nama sekolah menjadi rusak, orang tua merasa malu dan merasa disalahkan banyak pihak. Orang tua dinyatakan bersalah karena kurang perhatian terhadap perilaku anak-anaknya dan di samping itu pemberian fasiitas gadget kepada anak, disalahgunakan untuk merekam adegan video mesum.
Akibat tersebarnya video mesum anak SMP tersebut, Pemerintah DKI melarang siswa sekolah untuk membawa gadget ke sekolah, untuk menghindari kejadian ini terulang kembali. Dengan adanya kebijakan pelarangan membawa gadget ke sekolah mengurangi hak-hak siswa di dalam berkomunikasi dan menggunakan sarana gadget sebagai media pembelajaran. Jadi banyak siswa yang dirugikan karena ulah sekelompok siswa yang membuat ulah dengan membuat video mesum.
Teknologi Gadget yang semakin beraneka macam ragamnya,jika digunakan secara bijak, banyak manfaat yang didapatkan yaitu berupa ilmu, informasi dan lancarnya hubungan komunikasi terhadap teman-teman kita.Untuk itu maka diperlukan penanaman nilai-nilai moral keagamaan terhadap para siswa, sehingga dengan moral yang baik, siswa dapat mengendalikan dirinya dalam menghadapi maraknya dampak perkembangan teknologi yang terjadi saat ini. Semoga dengan moral yang telah dibina, siswa dapat melaksanakan studinya secara lanjut dan berkesinambungan tanpa terganggu dengan aktifitas yang tidak berguna seperti membuat ulah membuat video mesum. 
Jimbaran, 01 November 2013
Fibri Aryanto,A.Md

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s