Tidak Sekedar Like This

Posted: 10 April 2014 in Bebas

Pesatnya perkembangan teknologi khususnya teknologi informasi di Indonesia, membawa banyak perubahan di dalam berkomunikasi di dalam masyarakat. Di mana jaman dahulu, orang berkomunikasi dengan ketemu secara langsung, ataupun berkumpul dalam suatu pertemuan. Sekarang telah berubah, sejak munculnya smart phone beraneka macam teknologi dan layanannya seperti komunikasi melalui media jaringan social seperti facebook maupun twitter.
Menjamurnya penggunaan media jaringan social, membuat intensitas pertemuan dengan orang-orang menjadi berkurang. Orang-orang lebih suka berkomunikasi via BBM,Chating,Inbox dan lain-lainnya. Di samping itu pula media social digunakan oleh sebagian orang menjadi ajang narsis, dimana dengan mengupload foto-foto diri nya masing-masing dan seringnya me-LIKE THIS foto mereka sendiri, sebelum orang lain memberikan penilaian dan me-LIKE.
Begitu pula dengan update status, banyak orang-orang yang membuat status-status yang tidak penting seperti mau mandi, mau tidur,mau pergi dan lain-lain sebagainya yang merupakan aktifitas sehari-hari. Dan munculnya update status dengan beraneka ragam macamnya dari update status penilaian atau pujian terhadap sesuatu, update status pada saat berada di lokasi-lokasi unik atau tempat wisata yang menarik hingga update status yang berbagi ilmu. Update status mencerminkan apa yang dipikirkan si penulis update status, karena di dalam kotak update status tertulis What’s on your mind (apa yang anda pikirkan). Jadi dengan melihat secara umum kita dapat melihat update status itu merupakan cerminan dari apa yang dipikirkan para facebooker dan mewakili apa yang terjadi pada dirinya. Terkecuali untuk status palsu yang banyak beredar di kalangan facebooker. Untuk itu lebih bijaksana di dalam membaca update status dan memberi LIKE. Karena banyak orang yang me-LIKE status orang, begitu muncul di facebook atau twitter langsung LIKE tanpa memahami apa yang ditulis dalam update status.
Tidak jarang di dalam Facebook banyak orang men-share link-link baik dari link negative sampai link yang positif dan langsung me-LIKE tanpa membaca secara keseluruhan dari isi tulisan yang dishare.
Untuk itu sebagai pengguna jaringan social facebook atau twitter yang bijak sebaiknya adalah sebagai berikut : 
  1. Mencermati jenis Update Status apakah status yang dibuat itu status baik atau status asal-asalan.Kalau bagus Statusnya baru di LIKE atau diberi komentar.
  2. Mencermati tulisan yang dishare, sebaiknya membaca secara keseluruhan dari isi tulisan, baru me-LIKE dan memberi komentar. 
  3. Hindari me-LIKE status atau link yang di share milik kita sendiri terlebih dahulu, karena akan terkesan narsisnya dan kurang perhatian dari teman-temannya. Biarkan orang lain me-LIKE status atau link yang kita share terlebih dulu. 
  4. Buatlah status yang bermanfaat bagi orang banyak seperti share ilmu. 
  5. Hindarkan membuat status yang membuat orang lain marah, kecewa ataupun infill. 
  6. Hindarkan membuat status dengan kata-kata kotor,caci maki,umpatan, dan membawa nama hewan ABC dalam status anda. 
  7. Jaga nama baikmu dalam pergaulan di jaringan social, sekali namamu jatuh, selamanya orang tidak akan pernah percaya. 
  8. Jangan bertengkar di Facebook terutama lewat update status atau news feed, karena semua orang akan membaca statusmu, lebih baik secara tersembunyi lewat chat atau inbox. 
  9. Buatlah update statusmu sesuai dengan ilmu pengetahuanmu dan latar belakang pendidikanmu. Jangan sampai orang-orang yang sudah mengenyam bangku perkuliahan membuat status seperti anak TK,SD,SMP atau SMA.
  10. Tunjukkan kualitas update statusmu yang benar-benar bermanfaat dan dinanti kehadirannya oleh rekan-rekan facebookermu.
  11. Pilihlah teman-teman yang berkualitas di dalam facebook atau twittermu.
  12. Khususnya untuk wanita yang baru menginjak usia remaja atau ABG sebaiknya berhati-hati dengan teman pria yang dikenal di facebookmu.
  13. Jangan mengungkap rahasia pribadi di facebookmu, itu akan menjadi rahasia umum karena banyak orang yang membacanya. 
  14. Jangan berlebihan menggunakan facebook,karena akan menyita waktu luangmu untuk kegiatan lain yang lebih bermanfaat.
  15. Carilah ilmu bermanfaat dari penggunaan media jaringan social facebook maupun twitter.Jadikan sebagai ajang diskusi berbagi ilmu,sehingga kita dapat memperoleh ilmu yang bermanfaat.
  16. Blokir  atau unfriend  teman kalian yang tidak kamu sukai baik secara update status ataupun dari link yang dishare seperti menyajikan gambar atau video yang berbau pornography, berkata kasar dan tidak sopan.
Dengan menggunakan media jaringan social secara bijak, akan membuat kita lebih aman dan nyaman di dalam berkomunikasi melalui facebook ataupun twitter.Sehingga media jaringan social akan lebih banyak memberikan manfaat bagi semua orang. Selamat berupdate status dan ngetweet. 
Kuta Selatan, 18 Juni 2013
Fibri Aryanto,A.Md

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s