Memilih SMK Lebih Menguntungkan

Posted: 10 April 2014 in Bebas

Berakhirnya Tahun Pelajaran merupakan berakhirnya proses belajar selama 3 tahun bagi siswa di SMP khususnya kelas IX, dimana mereka telah lulus dan menamatkan pelajaran pendidikan dasar 9 tahun.Dan mereka harus melanjutkan ke jenjang pendidikan menengah yang lebih tinggi dari SMP, yaitu SMA atau SMK.
Untuk melanjutkan ke jenjang sekolah yang lebih tinggi, banyak siswa lulusan SMP yang kebingungan di dalam menentukan kemana sekolah yang akan dituju, SMA atau SMK.
Sementara yang tumbuh di masyarakat, jumlah sekolah SMA lebih banyak daripada jumlah SMK. Untuk itu diperlukan informasi yang cukup mengenai keberadaan sekolah SMA atau SMK, sehingga para calon siswa yang akan melanjutkan sekolah tidak akan merasa kebingungan di dalam melanjutkan cita-citanya, karena penentuan pilihan bersekolah di sekolah menengah tingkat atas, akan mempengaruhi cita-cita masa depan bagi siswa yang bersangkutan. Bagi siswa yang hendak melanjutkan ke SMA, harus sudah memahami mengenai pendidikan sekolah SMA,karena sekolah SMA porsi pelajarannya lebih banyak ke teori daripada prakteknya. Sedangkan SMK sebaliknya, SMK mendapatkan porsi pelajarannya lebih banyak kegiatan prakteknya daripada teori
Sekolah SMA lebih banyak ditujukan kepada siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, sedangkan SMK lebih banyak ditujukan kepada siswa yang mau bekerja dan dapat melanjutkan ke perguruan tinggi.
Di sekolah SMA, kegiatan belajar dilakukan hanya di sekolah saja, sedangkan kegiatan belajar di SMK dilakukan di sekolah dan dunia usaha dan industi.
Dari Materi pembelajaran,di SMA, siswa akan lebih banyak mendapatkan pelajaran secara umum, sedangkan di SMK, siswa akan banyak mendapatkan pelajaran secara khusus, karena telah disesuaikan dengan minat, bakat iswa.Karena di SMK, siswa yang masuk ke kelas X telah diarahkan untuk memilih program keahlian sesuai bakat,minat dan kemampuan yang dimiliki siswa.
Dengan memilih SMK, diharapkan siswa dapat menyelesaikan pendidikannya dan dapat langsung siap bekerja, karena selama menjalankan pendidikan di SMK, siswa mendapatkan kesempatan untuk praktek kerja industri, yang merupakan bekal awal untuk mengaplikasikan ilmu yang diperoleh di bangku sekolah ke dalam dunia usaha dan industri, jadi siswa sudah siap bekerja. Sedangkan jika siswa memilih sekolah SMA, berarti siswa harus dapat melanjutkan ke perguruan tinggi dan setelah menamatkan di perguruan tinggi, baru dapat terjun ke dunia kerja.
Memilih SMK lebih menjadikan masa depan yang lebih cerah, karena selain di SMK mendapatkan praktek kerja yang lebih banyak, sehingga siswa SMK dapat bekerja secara langsung di dunia usaha dan industri. Dan tamatan SMK sudah banyak dilirik berbagai perusahaan, untuk diminta bekerja di perusahaannya,bahkan sebelum tamatan SMK itu lulus sudah banyak tamatan SMK yang direkrut oleh perusahaan.
Ini menunjukkan bahwa tamatan SMK memiliki nilai plus bagi siswa yang ingin cepat bekerja dan ingin mengembangkan ketrampilan potensi diri, sehingga hanya diperlukan waktu yang singkat selama 3 tahun untuk belajar dan mempermudah di dalam mendapatkan pekerjaannya. Jadi jangan malu untuk bersekolah di SMK, karena SMK menjamin masa depan
Jimbaran, 27 Maret 2014
Fibri Aryanto,A.Md

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s